The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Punya Rambut Ikal? Ini 6 Tips Merawatnya Agar Tak Cepat Kusut!
Ilustrasi rambut ikal (unsplash.com/@noemierssl)
Beauty

Punya Rambut Ikal? Ini 6 Tips Merawatnya Agar Tak Cepat Kusut!

Rambut ikal rentan kusut

Jumat, 24 Juni 2022 10:29 WIB 24 Juni 2022, 10:29 WIB

INDOZONE.ID - Manusia memiliki beberapa tipe rambut, mulai dari lurus hingga ikal. Rambut yang lurus umumnya lebih mudah diatur dan tidak terkesan kusut. Namun, rambut ikal justru sebaliknya. 

Pemilik rambut ikal sering menemukan dirinya sulit untuk merawat rambutnya. Ini karena rambut ikal lebih sulit diatur dan rentan kusut dan mengembang. Karena hal ini, sebagian orang memutuskan untuk meluruskan rambutnya. 

Akan tetapi, sebagian orang lagi memutuskan untuk merawatnya dengan baik. Beberapa tips perawatan rambut ikal ini biasanya diterapkan agar membuat rambut tak mudah kusut. Berikut ini cara-caranya. 

1. Pakai Produk Shampoo dan Conditioner yang Tepat 

rambut ikal
Ilustrasi shampoo dan conditioner (freepik.com)

Selain mudah kusut dan mengembang, rambut ikal pun sangat mudah untuk rontok. Maka itu, memakai shampoo dan conditioner yang tepat adalah solusinya. 

Shampoo yang mengandung bahan alami dan aktif dengan manfaat melembapkan dan menutrisi hingga akar rambut. Selain shampoo, conditioner juga berperan penting untuk mengunci kelembapan agar rambut tetap lembut. 

Perlu diingat, conditioner berbahan dasar organik dan sesuai dengan kebutuhan rambut adalah produk yang tepat untuk rambut ikal. Pakai conditioner setelah shampoo dan hindari kulit kepala agar rambut tidak mudah lepek. 

2. Keramas dengan Air Dingin 

 rambut ikal
Keramas rambut ikal dengan air dingin (freepik.com)

Selain menggunakan produk yang tepat, air dingin juga berperan penting untuk perawatan rambut ikal. Ini karena air dingin dapat membantu penyerapan kandungan zat dari shampoo dan conditioner secara maksimal. 

Bila keramas dengan air hangat, ini justru akan membuat rambut menjadi kering. Lakukan keramas minimal empat sampai enam kali dalam sebulan agar rambut tidak mudah rusak. 

3. Keringkan Rambut secara Alami 

rambut ikal
Rambut ikal dikeringkan secara alami (freepik.com)

Nyatanya, hair dryer atau alat pengering rambut rentan membuat rambut ikal cepat rusak. Hal ini terjadi karena rambut ikal cenderung lebih mudah kering dan dengan menggunakan hair dryer akan lebih cepat rusak. 

Akan tetapi, hal ini tidak berarti rambut ikal tidak boleh menggunakan hair dryer, hanya saja perlu adanya pemakaian produk pelindung panas terlebih dahulu pada rambut dan menyesuaikan panas dari alat pengering rambutnya. 

Perlu diketahui pula, setelah rambut kering, pastikan jangan sering disisir. Ini akan membuat rambut mudah rontok. Pastikan menggunakan sisir bergigi lebar untuk menyisir rambut ikal dan lakukan dengan lembut. 

4. Gunakan Produk Perawatan Rambut 

rambut ikal
Vitamin rambut ikal (freepik.com)

Setelah keramas dan mengeringkan rambut, memakai vitamin dan produk perawatan rambut lainnya menjadi kunci utama untuk merawat rambut ikal. 

Vitamin rambut dengan kandungan vitamin A, E, mineral, dan biotin dapat membuat rambut ikal lebih halus, lembut dan sehat. Selain itu, rambut ikal menjadi tidak mudah rontok dan lepek. 

Selain menggunakan vitamin rambut, mengaplikasikan hair oil dan conditioner tanpa bila juga direkomendasikan untuk rambut ikal. 

Berbagai kandungan minyak esensial dan bahan aktif lainnya yang sesuai dengan kebutuhan rambut ikal dapat membuat rambut semakin sehat dan kuat. 

5. Masker Rambut secara Berkala 

 rambut ikal
Ilustrasi masker rambut ikal (freepik.com)

Nyatanya, keramas saja tidak cukup untuk rambut ikal. Rambut ikal yang rentan kering dan patah dan diperparah dengan terkena paparan sinar UV atau polusi, membuat rambut perlahan kehilangan nutrisinya. 

Memakai masker rambut dapat memperbaiki kerusakan rambut dengan memberi nutrisi menyeluruh di setiap helainya. Tekstur masker yang creamy dan mudah menyerap hingga ke batang rambut dan kulit kepala bekerja untuk merawat rambut ikal tersebut.

6. Potong Ujung Rambut secara Rutin 

rambut ikal
Potong ujung rambut ikal (freepik.com)

Rambut ikal bergelombang tentu tampak indah bila bervolume dan sehat. Namun, hal ini perlu dirawat dengan cara memotong ujung rambut secara rutin. 

Hal tersebut dilakukan agar rambut ikal yang indah tidak mudah rusak dan kering. Hindari pula memotong rambut yang bercabang, Ini akan membuat rambut bercabang akan lebih susah ditata. 

Itulah beberapa tips merawat rambut ikal yang dapat kamu terapkan. Pada dasarnya, rambut ikal ataupun lurus keduanya sama-sama indah. Kepercayaan diri membuat kamu tampil menarik dalam gaya rambut apapun. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US