The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat, Ini Rahasianya!
Ilustrasi cara memanjangkan rambut (photo/freepik/zdyma4)
Beauty

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat, Ini Rahasianya!

Rabu, 29 September 2021 21:19 WIB 29 September 2021, 21:19 WIB

INDOZONE.ID - Rambut yang panjang, tebal, kuat, halus dan berkilau merupakan dambaan siapa saja. Tak heran jika banyak orang yang mencari bagaimana cara memanjangkan rambut dengan cepat.

Rambut sering dianggap sebagai mahkota, oleh sebab itu perlu untuk menjaga dan merawat rambut agar pertumbuhannya tidak terhambat. Memanjangkan rambut dengan cepat tak perlu kamu lakukan di salon dengan biaya mahal.

Cara cepat memanjangkan rambut dapat kamu coba di rumah dengan menggunakan bahan alami dan melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang baik untuk pertumbuhan rambutmu.

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Tak perlu khawatir jika kamu belum mengetahui cara memanjangkan rambut yang tepat, berikut ini Indozone bagikan cara memanjangkan rambut dengan cepat yang bisa menjadi referensi kamu.

1. Memotong ujung rambut


cara memanjangkan rambut

Ilustrasi memotong ujung rambut (photo/freepik/@photology1980)

Cara memanjangkan rambut dengan cepat yang bisa kamu coba pertama adalah dengan memotong ujung rambut secara rutin. Memotong ujung rambut dapat menghilangkan rambut bercabang, kering, dan rusak.

Ujung rambut yang bercabang dapat menghambat pertumbuhan rambut dan membuat helainya menjadi tipis. Dengan memotong ujung rambut maka dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

2. Pakai kondisioner


cara memanjangkan rambut

Ilustrasi memakai kondisioner (photo/freepik/bodysport)

Untuk memanjangkan rambut dengan cepat, kamu juga butuh bantuan kondisioner. Kondisioner dapat mengembalikan minyak alami dan protein yang hilang pada rambut.

Kondisioner juga membuat rambut kamu bernutrisi, lembut dan mudah diatur. Hal ini akan membuat rambut kamu elastis dan tidak mudah rontok sehingga bisa tumbuh panjang lebih cepat.

3. Gunakan masker rambut


cara memanjangkan rambut

Ilustrasi menggunakan masker rambut (photo/freepik/sergio_pulp)

Cara memanjangkan rambut berikutnya adalah dengan menggunakan masker rambut. Masker rambut berfungsi untuk menjaga kelembapan alami rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kamu bisa menggunakan masker rambut sehabis keramas minimal seminggu sekali. Bahan alami seperti madu, lemon, alpukat atau minyak zaitun dapat kamu gunakan sebagai bahan masker.

4. Jangan keramas setiap hari


cara memanjangkan rambut

Ilustrasi keramas (photo/freepik/torwaiphoto)

Keramas setiap hari sangat tidak disarankan. Keramas terlalu sering justru membuat rambut kering dan kehilangan minyak alami pada rambut, akibatnya rambut jadi lama panjang.

Sebaiknya keramas 2 sampai 3 hari sekali. Gunakan juga sampo yang dapat menutrisi dan menyuburkan rambut. Pijatlah kulit kepala agar sampo menyerap dan diamkan sejenak baru dibilas.

5. Tidak menyisir rambut saat basah


cara memanjangkan rambut

Ilustrasi menyisir rambut (photo/freepik/@user6014584)

Rambut yang basah lebih rapuh dan mudah rontok saat disisir. Tunggulah hingga rambut kering untuk menyisirnya. Kalau kamu harus menyisir rambut basah, gunakan jari atau sisir bergigi jarang.

Menyisir rambut saat sudah kering sangat penting untuk merangsang pertumbuhan rambut. Saat menyisir, kulit kepala akan melepaskan minyak alami sehingga rambut akan tumbuh lebih cepat.

6. Hindari menutup rambut basah dengan handuk


cara memanjangkan rambut

Ilustrasi menutup rambut basah dengan handuk (photo/freepik/nakaridore)

Menutup rambut dengan handuk saat selesai keramas adalah kebiasaan yang sering dilakukan. Padahal kebiasaan tersebut tidaklah baik untuk pertumbuhan rambut.

Rambut basah yang dibungkus dengan handuk akan membuat rambut mudah kusut dan menyangkut pada handuk. Akibatnya rambut jadi gampang rontok.

7. Gunakan air dingin saat keramas


cara memanjangkan rambut

Ilustrasi menggunakan air dingin (photo/freepik/torwaiphoto)

Kesalahan umum yang sering terjadi yang dapat menghambat pertumbuhan rambut adalah menggunakan air panas saat keramas. Keramas dengan air panas dapat membuat rambut kering dan rusak.

Salah satu cara memanjangkan rambut yang wajib kamu coba yakni keramas dengan air dingin. Air dingin akan melindungi minyak alami rambut, memperkuat dan mencegah kerontokan rambut.

8. Batasi pemakaian alat pemanas rambut


cara memanjangkan rambut

Ilustrasi memakai alat pemanas rambut (photo/freepik/@user26142724)

Alat pemanas rambut seperti hair dryer, catokan dan pengeriting rambut dapat membuat rambut menjadi rapuh sehingga mudah patah dan rontok akibat hawa panas yang dikeluarkan alat tersebut.

Sebaiknya kamu mengeringkan rambut secara alami, dikipas, atau menggunakan kipas angin. Jika terpaksa memakai alat pemanas rambut, jangan lupa lapisi rambut dengan vitamin terlebih dahulu.

9. Pijat kepala dengan minyak esensial


cara memanjangkan rambut

Ilustrasi memijat kepala dengan minyak esensial (photo/freepik/dekazigzag)

Cara memanjangkan rambut yang bisa kamu coba selanjutnya adalah dengan memijat kulit kepala dengan minyak esensial. Pijatan pada kulit kepala dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Gunakan minyak esensial alami yang tidak melalui proses kimia sehingga lebih aman digunakan setiap saat. Minyak kepala, minyak zaitun, minyak alpukat dan minyak argan bisa menjadi pilihan yang tepat.

10. Hindari mewarnai rambut


cara memanjangkan rambut

Ilustrasi mewarnai rambut (photo/freepik/ali_production)

Tidak mewarnai rambut juga menjadi salah satu cara cepat memanjangkan rambut. Kebiasaan sering mengganti warna rambut harus kamu kurangi jika ingin rambut tumbuh panjang dengan cepat.

Kandungan pewarna yang terbuat dari bahan kimia dapat merusak rambut dan kulit kepala. Pewarna rambut juga dapat menghambat pertumbuhan rambutmu.

Bahan Alami Memanjangkan Rambut

Memanjangkan rambut akan lebih optimal jika dibarengi dengan penggunaan bahan-bahan alami yang dapat menutrisi dan mempercepat pertumbuhan rambut.

  1. Minyak Zaitun. Kandungan asam lemak omega-3 berfungsi menjaga kesehatan dan menebalkan rambut. Minyak zaitun juga dapat mengunci kelembapan rambut.

  2. Alpukat. Buah alpukat memiliki kandungan vitamin E yang dapat memanjangkan dan menebalkan rambut. Tak hanya itu, alpukat juga dapat menutrisi rambut.

  3. Lidah Buaya. Kandungan vitamin A, vitamin B1, kalsium, fosfor, lemak dan protein pada lidah buaya membantu menghaluskan dan menyuburkan rambut.

  4. Minyak Kemiri. Selain minyak zaitun, minyak kemiri juga terkenal ampuh melebatkan rambut. Kandungan pada minyak kemiri pun bisa melembutkan dan membuat rambut lebih berkilau.


Itulah cara cepat memanjangkan rambut yang bisa kamu praktikkan dengan mudah di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Fahrizal Daulay
Indriyana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US