Cantik, East Java Harmony 2019 Tampilkan Busana Batik Khas Jawa Timur
Desainer Ivan Gunawan (dua dari kiri) dan menteri Jawa Timur, Khofifah (tengah) dalam acara East Java Harmony 2019 (ANTARA/Moch Asim/aww)
Beauty

Cantik, East Java Harmony 2019 Tampilkan Busana Batik Khas Jawa Timur

Menampilkan karya dari sederet desainer lokal hingga nasional

Jumat, 22 November 2019 11:07 WIB 22 November 2019, 11:07 WIB

INDOZONE.ID - Batik merupakan identitas bangsa yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya milik Indonesia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) pada 2009. 

Kekayaan batik dari 38 kabupaten kota di Jawa Timur menjadi tema dalam acara East Java Harmony 2019 yang diadakan pada Kamis (21/11) malam. 

Kreasi batik ini menampilkan sederet desainer lokal hingga nasional yang menampilkan karya terbaik mereka dan menjadikan batik Jawa Timur menjadi busana yang cantik dan menarik. 

Salah satu desainer nasional, Ivan Gunawan turut terlibat dalam pagelaran East Java Harmony 2019. 

Ia menampilkan 17 busana yang berkolaborasi dengan batik buah karya perajin dari Tulungagung, Pamekasan, Kota Malang, Surabaya, tenun Kediri, dan juga tenun Lamongan. 

"Buat saya designer mempunyai tanggung jawab dan kepedulian mengangkat batik. Di acara ini saya mengangkat batik dan tenun. Saya kolaborasi dengan beberapa pengrajin batik Tulungagung, Pamekasan, Kota Malang, Surabaya, tenun Kediri, dan tenun Lamongan," kata Ivan Gunawan atau biasa disapa Igun. 

Igun berharap ke depannya promosi batik khas Jawa Timur terus dilakukan. Sebab menurutnya, batik Jawa Timur pantas naik kelas dan bahkan bisa diekspor ke pasar internasional. 

Acara ini juga selaras dengan misi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dalam "Nawa Bhakti Satya" ke dalam Jatim Harmoni yakni menjaga dan melestarikan kebudayaan dan mendorong pembangunan di bidang seni serta pariwisata. 

Khofifah mengatakan batik merupakan produk tekstil yang tengah didorong untuk masuk ke pasar dunia. 

"Yang kita inginkan untuk bisa masuk pasar ekspor adalah sektor makanan dan minuman. Kedua adalah tekstil dan produk tekstil (TPT). Batik ini adalah TPT yang ingin kita dorong karena Jatim ini kaya batik dan tenun ikatnya," kata Khofifah. 

Dalam acara East Java Harmony 2019, Ruth Sahanaya ikut tampil menghibur penonton dengan menyanyikan lagu 'Kaulah Segalanya.'

Ruth Sahanaya menyanyi dalam acara East Java Harmony 2019
Ruth Sahanaya menyanyi dalam acara East Java Harmony 2019 (ANTARA/Moch Asim/aww)

Sudah datang ke pagelaran busana East Java Harmony 2019, Sahabat Indozone

Acara Menarik Lainnya: 

TAG
Bela
Bela

Bela

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU