The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tidak Ingin Terlihat Tua, Kamu Disarankan Menghindari Kebiasaan Ini
Perawatan wajah. (photo/Ilustrasi/Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA)
Beauty

Tidak Ingin Terlihat Tua, Kamu Disarankan Menghindari Kebiasaan Ini

Rabu, 01 Desember 2021 14:10 WIB 01 Desember 2021, 14:10 WIB

INDOZONE.ID - Setiap wanita pasti ingin mempunyai wajah yang awet muda. Hanya saja, seiring dengan bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin pada kulit manusia pasti akan melemah. Ini akan membuat elastisitas pada kulit berkurang, sehingga akan muncul tanda-tanda penuaan. 

Meski demikian, terdapat penelitian yang mengungkapkan sejumlah kebiasaan yang ternyata mempercepat penuaan. Mengutip Eat This, berikut ini daftar penyebab utama wajah terlihat lebih tua sebelum waktunya yang kamu harus tau. Penasaran? Simak daftarnya!

1. Kurang tidur 

Pertama dan mungkin sering kamu dengar adalah kurang tidur dapat membuat kita terlihat lebih tua. Sesuai dengan penelitian dari Clinical and Experimental Dermatology, wanita yang mempunyai kualitas tidur yang baik akan mengalami pemulihan penghalang kulit 30% lebih baik dibandingkan dengan wanita yang kurang tidur. 

Di sisi lain, para ahli pun merekomendasikan untuk mendapatkan 7-9 jam tidur berkualitas setiap malam agar membuat kamu tidak terlihat tua. 

2. Stres

Kedua adalah stres. Di mana, stres kronis dipercaya dapat sebabkan penuaan yang tidak sehat & bahkan memperpendek hidup. Penelitian yang dilakukan Harvard Medical School. Dalam laporannya, mereka mengatakan bahwa stres berkepanjangan dapat perpendek telomer, struktur di dalam setiap sel yang mengandung DNA. 

3. Tidak menggunakan tabir surya

Terakhir adalah tidak menggunakan tabir surya. Kulit sangatlah berisiko untuk mengalami kerusakan akibat sinar matahari. Bahkan, hal ini juga akan berdampak pada penuaan kulit dini. Melihat hal itu, Harvard Medical School memberikan komentarnya. 

"Perubahan ini termasuk photoaging (penuaan dini pada kulit karena paparan sinar matahari). Dalam photoaging, kulit mengembangkan kerutan dan garis-garis halus karena perubahan kolagen pada lapisan dalam kulit yang disebut dermis,” ungkapnya pernyataan mereka. 

Untuk mencegah hal itu, kamu diharuskan menggunakan pelembap harian yang mengandung tabir surya, yang mengandung SPF minimal 30 dan melindungi dari sinar UV-A dan UV-B. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US