The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Minum Alkohol Bisa Sebabkan Rambut Rontok? Begini Penjelasannya!
Ilustrasi kerusakan rambut (Freepik)
Beauty

Benarkah Minum Alkohol Bisa Sebabkan Rambut Rontok? Begini Penjelasannya!

Ini Detailnya!

Rabu, 25 Januari 2023 21:30 WIB 25 Januari 2023, 21:30 WIB

INDOZONE.ID - Minum terlalu banyak alkohol dapat memengaruhi kesehatan tubuh mulai dari hati dan jantung hingga kesehatan mental. Namun selain itu, belum banyak yang mengetahui kalau minuman tersebut juga bisa menyebabkan rambut rontok

Pasalnya, alkohol dapat mendatangkan efek buruk pada kesehatan rambut, karena akan menghabiskan nutrisi pada rambut, membuatnya lemah dan rentan terhadap kerusakan.

Lantas apa penyebab alkohol dapat membuat kesehatan rambut menjadi terganggu, dan menyebabkan kerontokan? Begini ulasannya yang dilansir dari Stylecraze;

Baca Juga: 6 Shampo untuk Rambut Rontok Parah dan Berketombe, Efektif!

1. Alkohol Mengeringkan Rambut 

Alkohol mengandung diuretik yang menyebabkan hilangnya air dan garam dari tubuh. Minum berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi. Hal ini bisa membuat kulit dan kulit kepala kering hingga rambut mudah rontok.

2. Malnutrisi Akibat Alkohol Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut

Ilustrasi Alkohol
Ilustrasi Alkohol (FREEPIK)

Konsumsi alkohol yang berlebihan tidak hanya menyebabkan dehidrasi, tetapi juga dapat menyebabkan hilangnya nutrisi dari tubuh. Alkohol mengandung kalori kosong yang membuat seolah-olah perut sudah kenyang. 

Namun kenyataannya belum mengonsumsi sesuatu yang bergizi. Sebaliknya, alkohol merampas rambut dan tubuh dari nutrisi yang penting untuk kesehatannya.

Semua fungsi tubuh normal, termasuk pertumbuhan rambut, bergantung pada kesehatan seseorang. Rambut tumbuh dengan bantuan protein, vitamin, lemak, karbohidrat, dan serat semuanya mikro dan makronutrien.

Nutrisi terpenting untuk rambut sehat adalah zinc dan biotini. Minum berlebihan dapat memicu kekurangan nutrisi ini, menyebabkan rambut menjadi rapuh, kehilangan kilau, dan rontok.

Tanpa nutrisi baru yang dimasukkan ke dalam tubuh dan nutrisi yang ada dikeluarkan, tubuh menderita malnutrisi, dan rambut menjadi lebih lemah.

Baca Juga: Kebanyakan Minum Manis Bisa Sebabkan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

3. Alkohol Dapat Mengganggu Tingkat Estrogen

Konsumsi alkohol yang berlebihan diketahui dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Fluktuasi estrogen dapat menyebabkan kerontokan rambut. Estrogen ada pada pria dan wanita serta bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan reproduksi pada kedua jenis kelamin.

Pada pria, ketidakseimbangan kadar estrogen memiliki efek dua kali lipat. Ini dapat menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan atau rambut rontok, yang pada akhirnya menyebabkan kebotakan. P

Sedangkan  pada wanita, folikel rambut kehilangan cengkeramannya di kulit kepala karena produksi estrogen yang tidak teratur, sehingga menyebabkan rambut rontok.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Sarah Hutagaol
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US