The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sinar Matahari di Jam Berapa yang Bikin Kulit Gosong?
Pexels
Beauty

Sinar Matahari di Jam Berapa yang Bikin Kulit Gosong?

Jumat, 25 Oktober 2019 12:39 WIB 25 Oktober 2019, 12:39 WIB

INDOZONE.ID - Sinar matahari memiliki tiga jenis sinar radiasi, yaitu ultra violet A (UVA) dengan gelombang panjang, ultra violet B (UVB) dengan gelombang pendek, dan ultra violet C (UVC) dengan gelombang sangat pendek.

Dari semua jenis tersebut, UVC adalah yang paling merusak kulit. Namun, lapisan ozon bumi mampu menghalau sinar UVC sehingga hanya sinar UVA dan UVB yang bisa menembus ke bumi.

"Untuk mudahnya, bayangkan sinar UVA sebagai UVAging dan UVB sebagai UVBurning. Jika terpapar sinar matahari terlalu lama, UVA akan menembus lapisan kulit lebih dalam dan dapat menyebabkan penuaan kulit berupa keriput dan noda hitam," ujar dermatolog dr. Nana Novia Jayadi, Sp.KK.

Lantas, di jam berapa sinar UVA dan UVB bisa membuat kulit gosong?

Secara umum, radiasi UVA dan UVB pada kulit paling tinggi terpapar pada rata-rata jam 11.00 hingga jam 14.00.

Secara klinis, jenis kulit orang Indonesia masuk dalam kategori Phototype antara nomor IV dan V menurut Fitzpatrick. Artinya, kulit orang Indonesia memang kaya zat pewarna kulit atau melanin.

Oleh karena itu, kulit jadi lebih mudah gosong atau menggelap karena paparan sinar matahari. Bahkan, disebutkan bahwa paparan sinar UVA yang ekstrem dapat menyebabkan kanker.

Sementara itu, terkena sinar UVB yang terlalu lama bisa mempengaruhi melanin sehingga kulit menjadi berwarna lebih gelap. Selain itu, kondisi makin diperparah dengan polusi, keringat, debu dan kotoran yang kemudian memicu munculnya noda hitam pada kulit. Di bawah satu noda hitam yang kecil tersebut, ada jutaan sel pigmen yang rusak.

"Oleh karena itu, untuk mencegah kerusakan sel-sel pigmen akibat sering terpapar sinar matahari, maka penggunaan Vitamin C secara topikal (langsung pada kulit) dapat menjadi pilihan. Vitamin C adalah zat anti oksidan yang teruji aman dan efektif untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam," ujar Nana.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Dina
Dina

Dina

Writer
Dina

Dina

Reporter
JOIN US
JOIN US