The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah agar Terlihat Mulus dan Awet Muda
Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah (Photo/istock/dimid_86)
Beauty

Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah agar Terlihat Mulus dan Awet Muda

Jumat, 22 Januari 2021 15:25 WIB 22 Januari 2021, 15:25 WIB

INDOZONE.ID - Pori-pori kulit yang besar membuat wajah tidak mulus dan riasan menjadi kurang maksimal sehingga membuat rasa percaya diri berkurang.

Pori-pori besar juga menyebabkan debu dan polusi mudah menempel dan menimbulkan jerawat. Selain itu, pori-pori yang besar juga mengakibatkan wajah terlihat lebih tua.

Tak heran jika banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah. Jangan khawatir karena ternyata cara mengecilkan pori-pori wajah dapat dilakukan sendiri dengan bahan-bahan alami.

Penyebab Pori-pori Wajah Membesar

cara mengecilkan pori pori wajah
Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah (Photo/Freepik/samphao)
  1. Faktor Genetik. Jika anggota keluarga kamu memiliki pori-pori besar, maka tak perlu heran jika kamu akan mewarisinya. Pori-pori besar yang disebabkan oleh faktor genetik akan tetap seperti itu ketika kamu dewasa.

  2. Produksi minyak. Orang yang memiliki jenis kulit berminyak akan memiliki pori-pori yang lebih besar dibandingkan orang yang jenis kulitnya kering. 

  3. Elastisitas Kulit. Elastisitas kulit akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Kulit akan tampak kendur sehingga pori-pori melebar.

Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah

Kamu pemilik pori-pori besar tak perlu khawatir dengan masalah kulitmu, berikut Indozone bagikan cara mengecilkan pori-pori wajah agar kulit mulus dan awet muda.

1. Kompres dengan Es Batu

cara mengecilkan pori pori wajah
Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah (Photo/ Freepik/artroomstudio)

Cara mengecilkan pori-pori wajah yang pertama adalah mengompres wajah dengan es batu. Sensasi dingin yang ditimbulkan es batu dapat menutup pori-pori.

Mengompres kulit dengan es batu juga dapat membuat tekstur kulit menjadi lebih halus. Bagi kamu pemilik kulit sensitif, gunakan kain atau handuk untuk mengompres es batu.

2. Pakai Masker Putih Telur

cara mengecilkan pori pori wajah
Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah (Photo/istock/Anna-Ok)

Cara mengecilkan pori-pori selanjutnya yang bisa kamu coba adalah memakai masker putih telur. Putih telur kaya akan kandungan protein dan sumber mikronutrien.

Kandungan pada putih telur tersebut berfungsi untuk mengencangkan kulit sehingga pori-pori akan mengecil. Tak hanya itu, putih telur juga bisa mencerahkan kulit loh!

3. Oleskan Lidah Buaya

cara mengecilkan pori pori wajah
Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah (Photo/Freepik/etonastenka)

Mengoleskan lidah buaya juga dapat menjadi salah satu cara mengecilkan pori-pori yang manjur. Lidah buaya dikenal dapat mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori.

Tak hanya itu, lidah buaya juga dapat menghidrasi, menyegarkan dan mengurangi peradangan pada kulit. Lidah buaya juga aman dipakai setiap hari. 

4. Jangan Lupa Hapus Riasan

cara mengecilkan pori pori wajah
Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah (Photo/Freepik)

Menghapus riasan juga menjadi cara mengecilkan pori-pori wajah yang ampuh. Make up yang menempel di wajahmu akan menyumbat pori-pori.

Pori-pori yang tersumbat membuat kotoran menumpuk sehingga tekstur kulitmu menjadi kasar dan kusam. Tak hanya itu, kebiasaan buruk ini juga akan menimbulkan jerawat loh!

5. Mencuci Muka Dua Kali Sehari

cara mengecilkan pori pori wajah
Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah (Photo/Freepik/jcomp)

Mencuci muka dua kali sehari merupakan salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah yang terbukti efektif. Jangan pernah tidur dengan keadaan kotor apalagi jika kamu beraktivitas di luar ruangan.

Cucilah wajah dua kali dalam sehari yakni saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Gunakan air hangat agar kandungan sabun wajahmu menyerap optimal.

6. Eksfoliasi Wajah dengan AHA dan BHA

cara mengecilkan pori pori wajah
Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah (Photo/Freepik/senivpetro)

Eksfoliasi merupakan upaya untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori sehingga pori-pori kulitmu akan tampak lebih kecil.

Gunakan scrub alami atau produk eksfoliator yang mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA). Namun jika wajah sedang berjerawat, hindari mengeksfoliasi kulit agar tidak meradang. 

7. Hindari Produk dengan Kandungan Alkohol

cara mengecilkan pori pori wajah
Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah (Photo/Freepik)

Kandungan alkohol pada produk perawatan seperti facial wash, toner dan moisturizer akan menyebabkan kulit kering dan pori-pori justru makin terbuka. 

Cek terlebih dahulu kandungan bahan sebelum kamu membeli produk perawatan kulit. Pilihlah produk yang mengandung retinol yang dapat membantu mengecilkan pori-pori wajahmu.

8. Pakai Pelembap Hyaluronic Acid atau Niacinamide

cara mengecilkan pori pori wajah
Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah (Photo/Freepik)

Cara mengecilkan pori-pori lainnya adalah dengan memakai pelembap. Pelembap membantu menutrisi kulit dan menghidrasi pori-pori kulitmu.

Pakailah pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. Sebaiknya cari pelembap dengan kandungan Hyaluronic Acid atau Niacinamide yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori.

9. Gunakan Sunscreen SPF 30

cara mengecilkan pori pori wajah
Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah (Photo/Freepik/sosiukin)

Menggunakan sunscreen atau tabir surya ternyata berperan untuk menangkal sinar ultraviolet yang berdampak pada kulit wajah yang kendur dan pori-pori membesar.

Gunakan sunscreen yang mengandung SPF 30 bukan hanya saat matahari bersinar terik namun juga saat mendung atau cuaca hujan. 

10. Pilih Produk dengan Kandungan Retinol

cara mengecilkan pori pori wajah
Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah (Photo/istock/yacobchuk)

Cara mengecilkan pori-pori yang juga bisa kamu coba adalah dengan memilih produk dengan kandungan retinol yang terbukti ampuh mengecilkan pori-pori.

Retinol atau retinyl palmitate bisa kamu gunakan sebelum tidur. Keringkan wajah selama 30 menit setelah mencuci wajah barulah oleskan retinol.

Itulah cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa kamu lakukan agar wajah mulus terawat. Jangan lupa konsumsi makanan sehat dan minum air putih. Semoga berhasil!

Artikel Menarik Lainnya:

Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US