The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan Kulit Putih, Ini Tanda Kulitmu Sehat
Ilustrasi kulit sehat. (Pexels/Shiny Diamond)
Beauty

Bukan Kulit Putih, Ini Tanda Kulitmu Sehat

Apa saja?

Selasa, 20 April 2021 15:49 WIB 20 April 2021, 15:49 WIB

INDOZONE.ID - Banyak orang mengira kulit yang sehat adalah kulit yang berwarna putih. Padahal, kulit putih tidak selalu menunjukkan kondisi kulit sehat.

Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria, dr. Michael Reo mengatakan bahwa indikasi kulit yang sehat bukanlah kulit yang putih.

"Indikasi kulit yang sehat yaitu memiliki warna kulit yang cerah dan merata, lembap, halus, bebas noda, kencang dan kenyal," kata dr. Mihael Reo dalam keterangan yang diterima Indozone, Selasa (20/4/2021).

Ia mengatakan, kondisi kulit yang optimal bisa dimiliki dengan perawatan yang dilakukan dari luar dan dalam. Perawatan luar dilakukan dengan melindungi dari paparan sinar ultaviolet dan melakukan perawatan kulit yang rutin. Sedangkan perawatan dari dalam bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen kulit.

"Perawatan kulit dari dalam antara lain dapat dilakukan dengan menjalankan pola hidup sehat serta mengkonsumsi suplemen bila diperlukan. Jadi, warna kulit bukan menjadi ukuran sehat atau tidaknya kulit seseorang atau cantik dan tidaknya," jelasnya.

Menurut Thomas B Fitzpatrick, dermatolog yang menciptakan Fitzpatrick Skin Scale pada tahun 1975, ada enam tipe warna kulit. Semakin tinggi angka yang terter pada skala ini, maka semakin gelap warna kulit seseorang.

BACA JUGA:Tips Merawat Kulit Murah Meriah, Nggak Semahal Pakai Skincare

Di Indonesia sendiri, kebanyakan orang masuk ke dalam tipe 3 dan 4, yaitu warna kulit kuning langsat (light brown) atau sawo matang (medium brown). Warna kulit ini tidak mudah terbakar, namun mudah menjadi gelap karena paparan sinar matahari.

Untuk itu, sebisa mungkin gunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen untuk membantu mendapatkan kulit yang sehat.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US