Outfit denim identik dengan anak muda. Kalau di mata pakar fashion gimana nih tanggapannya?
Wah, ternyata benar banget, guys, denim masih jadi busana favorit anak muda, utamanya di kalangan gen Z dan milenial. Sejak 10 tahun terakhir industri kain denim juga meningkat.
"Permintaan denim ada tambahan 10-20 persen, karena saya yakin utk anak muda zaman sekarang denim sangat digemari oleh mereka," kata Representative of CCI for Indonesia Andy Do saat Press Conference COTTON USA™ IN THE DENIM AND MUSLIM WEAR INDUSTRIES, Rabu (14/9/2022).
Walau denim, rupanya minat masyarakat terhadap fashion sustainable tetap meningkat. Makanya industri tekstil di Tanah Air mulai menuruti permintaan pasar soal denim ini.
Sampai hari ini, ujar Andy, sudah lebih dari 40 perusahaan tekstil di Indonesia fokus dengan sustainability. Misalnya Sritex Group, Badjatex, Apac Inti Corpora dan Samase sudah join.
"Di dunia semua orang yang aware dengan situasi ini. Sudah banyak minta sustainability dalam produksi tekstil di Indonesia," tambah Andy.
Sr Fabric Executive PT Apac Inti Corpora Uni Kusyanti mengakui, perminataan denim sudah menjadi bahan dasar moslem wear. Denim snagat tren di kalangan hijabers karena mudah di-mix and match.
"Denim di industri hijabers ini tren banget, penggunaan denim pasti akan meluas di moslem wear dan
semakin banyak kawula muda yang pakai denim dan eksis," kata Uni.
Ditambahkannya, pasokan denim pun sudah disokong dari US Cotton. Saat digunakan pun nyaman dan mendukung gaya aktif anak muda zaman now.
"Kualitas kapas USA punya prioritas yang bagus, lenghtnya bagus dan ini bs didapat dengan mudah, kain jadi lebih dingin dan durable dari penggunaan dibanding kita pakai kapas kurang bagus," tuturnya.