The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Jenis Bedak dan Perbedaan Diantaranya, Jangan Salah Pilih!
Ilustrasi memakai bedak tabur (freepik.com)
Beauty

5 Jenis Bedak dan Perbedaan Diantaranya, Jangan Salah Pilih!

Jangan salah pilih bedak!

Kamis, 07 Juli 2022 10:56 WIB 07 Juli 2022, 10:56 WIB

INDOZONE.ID - Kompleksi wajah memiliki peran penting bagi penampilan. Hal tersebut karena tampilan wajah yang cantik akan menyempurnakan penampilan secara keseluruha. Salah satu yang dapat meningkatkan kompleksi wajah adalah bedak. 

Bedak merupakan salah satu produk makeup paling dasar yang tidak boleh dilewatkan dalam proses memakai makeup. Selain dapat menutupi kekurangan, bedak juga dapat membuat wajah terlihat lebih flawless

Maka itu, penting untuk mengetahui cara memilih bedak. Kini, beragam jenis bedak dapat kamu pilih sesuai dengan tipe kulit dan kebutuhan makeup.

Jenis-jenis Bedak 

jenis bedak
Ilustrasi jenis bedak tabur (freepik.com)

Agar tak bingung dalam memilihnya, berikut ini ulasan lengkap tentang jenis bedak dan perbedaan diantaranya. 

1. Bedak tabur (loose powder)

Bedak tabur memiliki butiran yang halus dan ringan. Pada dasarnya, bedak tabur dapat dipakai oleh tipe jenis kulit apapun, mulai dari normal, berminyak, kering, hingga kombinasi. 

Akan tetapi, bedak ini lebih cocok dipakai oleh pemilik kulit berminyak karena dapat menyerap minyak berlebih yang ada pada wajah. Selain itu, bedak tabur juga biasanya digunakan untuk set keseluruhan makeup untuk mencegah terjadinya creasing dan menjaga foundation agar lebih tahan lama. 

Adapun fungsi bedak tabur lainnya adalah sebagai baking wajah. Metode ini membantu riasan untuk "bake" atau mengoksidasi sambil menyerap semua minyak berlebih di wajah. Jadi, hasil riasan akan menjadi matte sepanjang hari. 

2. Bedak padat (compact powder)

Bedak padat adalah salah satu jenis bedak yang berada dalam sebuah jar pipih dan berbentuk padat. Bedak jenis ini biasanya dipakai untuk memperbaiki riasan dan menghilangkan minyak berlebih di wajah. 

Jika kamu ingin memakai riasan yang praktis, maka bedak padat ini adalah jawabannya. Kamu bisa memakai concealer di bawahnya dan mencover semua cream product tersebut dengan bedak padat. Compact powder juga biasanya disebut dengan nama pressed powder.

3. Two Way Cake 

Meskipun sama-sama berbentuk padat seperti compact powder, nyatanya, Two Way Cake berbeda dengan compact powder. Two Way Cake memiliki coverage yang lebih tinggi dan dapat membantu mengecilkan pori-pori dan memberikan hasil akhir yang flawless.

Jadi, jenis bedak Two Way Cake dapat digunakan dengan begitu saja atau dengan base makeup untuk mendapatkan hasil kompleksi yang lebih tebal.

4. Translucent powder 

Translucent powder, pada dasarnya, berbentuk bedak tabur. Namun, jenis bedak ini diformulasikan khusus untuk menjadi setting powder atau bedak yang berfungsi untuk set makeup secara keseluruhan. 

Meskipun bedak tabur biasa dapat berfungsi sama, namun, translucent powder dapat lebih mengunci foundation dan makeup lainnya agar tetap pada tempatnya. Translucent powder berarti bedak yang berwarna transparan sehingga tidak ada warna atau coverage sama sekali saat digunakan. 

5. Mineral powder 

Mineral powder tersedia dalam bentuk padat maupun tabur. Jenis bedak ini memiliki kandungan zinc oksida atau titanium oksida, yang dapat membuat tampilan kompleksi menjadi lebih flawless dengan garis halus yang tersamarkan tanpa membuat pori-pori kesulitan bernapas. Jadi, jenis bedak ini cocok untuk dipakai oleh jenis kulit kering yang membutuhkan hidrasi meskipun memakai makeup. 

Pilih Jenis Bedak Sesuai Kebutuhan Kulit Kamu 

Jenis bedak
Ilustrasi memakai bedak sesuai jenis kulit (freepik.com)

Memilih jenis bedak yang tepat mampu memperkecil risiko gangguan kesehatan wajah seperti jerawat hingga beruntusan. Maka itu, memilih bedak yang sesuai dengan kebutuhan kulit merupakan hal yang penting dilakukan. 

Tak hanya sesuai dengan kebutuhan kulit, pemakaian jenis bedak pun perlu sesuai dengan kebutuhan riasan make up. Ini dilakukan agar hasil make up dapat tampil sesuai dengan ekspektasi. 

Itulah beberapa jenis bedak dan perbedaan diantaranta. Pastikan kamu tidak salah memilih bedak ya! 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US