Wujudkan Kulit Wajah Cerah dan Bersinar dengan 5 Masker Alami Ini
photo/Ilustrasi/Well+Good
Beauty

Wujudkan Kulit Wajah Cerah dan Bersinar dengan 5 Masker Alami Ini

Senin, 28 Oktober 2019 12:58 WIB 28 Oktober 2019, 12:58 WIB

INDOZONE.ID - Semua orang mendambakan kulit wajah cerah dan bersinar, apalagi bagi mereka yang sering terpapar sinar matahari seharian penuh. Karena itulah, berbagai macam perawatan pun dilakukan untuk merawat kulit wajah agar tidak kusam. Tak peduli seberapa banyak kocek yang harus dihabiskan, demi tampilan wajah yang diidamkan.

Salah satu perawatan yang dilakukan adalah maskeran. Untuk maskeran, biasanya orang-orang datang ke klinik kecantikan, di sela-sela kesibukan. Tentunya, biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit.

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa merawat kulit wajahmu dengan membuat masker alami. Bahan-bahan yang digunakan tidak ribet, bahkan bisa memanfaatkan bahan-bahan dapur, lho. Selain bisa mengirit pengeluaran, kamu juga tetap akan merasakan manfaat yang signifikan.

Nah, berikut ini 5 masker alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah untuk mewujudkan kulit wajah cerah dan bersinar, seperti dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Senin (28/10):

1. Madu dan Pepaya

madu dan pepaya
photo/Pexels/Unsplash

Madu dan pepaya bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat masker wajah. Masker ini dapat mencerahkan kulit dan mengatasi pigmentasi atau noda hitam pada wajah. Caranya gampang banget, kamu tinggal menghaluskan buah pepaya dan mencampurkannya dengan madu.

2. Kunyit

kunyit
photo/Pixabay

Bahan dapur satu ini cocok dijadikan sebagai masker wajah. Manfaatnya, kunyit bisa membuat kulit lebih bersinar, mengurangi jerawat dan luka bekas jerawat. Caranya, pisahkan kunyit dari kulitnya, kemudian kunyit dihaluskan dan dicampur dengan madu. Lalu, aplikasikan ke wajah selama kurang lebih 20 menit.

3. Minyak Kedelai dan Mayones

kedelai dan mayones
photo/Unsplash/Food Navigator

Berikutnya, minyak kedelai dan mayones juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat masker wajah. Kandungan cuka pada mayones akan menstimulasi dan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kelembapan kulit terjaga. Kamu juga bisa mencampurkan minyak kedelai dan mayones dengan telur.

4. Alpukat

avocado
photo/Pexels

Kandungan asam lemak dalam alpukat merupakan bahan dasar terbaik untuk menghaluskan kulit wajah yang kasar. Selain itu, alpukat bisa mengangkat sel-sel kulit mati karena di dalamnya mengandung vitamin A. Cara membuat masker alpukat adalah dengan menumbuk atau mencacah alpukat sampai halus. Lalu, campurkan alpukat dengan madu dan aplikasikan ke wajah selama 10-15 menit.

5. Lidah Buaya

Aloe vera
photo/news-medical.net

Aloe vera pada lidah buaya berfungsi menenangkan kulit, meredakan peradangan atau luka di kulit wajah. Cara membuat masker ini sangat mudah, karena kamu bisa langsung mengoleskan bagian dalam lidah buaya yang berbentuk gel ke wajah. Atau kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus, dan mengolesnya ke wajah.

Catatan:
Masker rumahan di atas hanya untuk mengecilkan pori-pori kulit, melembapkan, mencerahkan, dan membuat tekstur kulit wajah menjadi lebih lembut. Jadi, masker-masker tersebut tidak bisa mengencangkan kulit wajah, ya. Untuk hasil maksimal, sebaiknya kamu maskeran secara rutin.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka
Rizka

Rizka

Editor
Rizka

Rizka

Reporter
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU