The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hasil Riset Ipsos Indonesia, Fesyen dan Aksesoris Dominasi Transaksi di e-Commerce
Ilustrasi transaksi online. (Foto/Antara)
Beauty

Hasil Riset Ipsos Indonesia, Fesyen dan Aksesoris Dominasi Transaksi di e-Commerce

Jumat, 28 Januari 2022 18:57 WIB 28 Januari 2022, 18:57 WIB

INDOZONE.ID - Fesyen dan aksesoris telah menjadi kategori yang paling banyak dibeli di tiga pemain utama e-commerce, Shopee, Tokopedia, dan Lazada, menurut hasil survei perusahaan riset pasar atau market research Ipsos Indonesia yang dilakukan pada akhir tahun 2021.

Riset tersebut dilakukan terhadap 1.000 responden yang memiliki pengalaman melakukan pembelian dengan menggunakan setidaknya dalam dua tahun terakhir.

"Kita menanyakan bahwa saat berbelanja di e-commerce itu, barang apa sih yang mereka beli? Kategori apa? Dan untuk pemain-pemain utama e-commerce ini, ada kesamaan produk yang mempunyai tingkat pembelanjaan tertinggi, yaitu yang pertama adalah fesyen dan aksesoris," kata Gita Marino, Associate Director, OBV & CHP, Ipsos Indonesia saat konferensi pers virtual, Jumat (28/1/2022).

Setelah kategori fesyen dan aksesoris, kategori kecantikan, perawatan, dan kesehatan menempati urutan kedua sebagai kategori yang paling banyak dibeli di Shopee, Tokopedia, dan Lazada, kemudian disusul oleh kategori kebutuhan sehari-hari atau daily product dan FMCG (Fast Moving Consumer Goods).

Sementara itu di Bukalapak, kategori fesyen dan aksesoris juga menempati urutan pertama disusul kategori daily product dan FMCG, kemudian kategori kecantikan, perawatan, dan kesehatan.

Sedangkan di Blibli, kategori yang mendominasi pembelian adalah kategori daily product dan FMCG, diikuti kategori fesyen dan aksesoris, kemudian kecantikan, perawatan, dan kesehatan.

"Ini lumayan menarik karena untuk kategori daily product dan FMCG sebelum e-commerce memiliki penetrasi setinggi ini, orang banyak berbelanja kategori tersebut di toko offline. Tapi sekarang justru mempunyai tingkat pembelanjaan yang tinggi e-commerce," ujar Gita.

"Jadi orang sudah mulai berbelanja daily product dan FMCG di e-commerce. Bahkan di Blibli, kategori pertama yang dibeli pengguna di platform tersebut adalah daily product dan FMCG," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US