The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tidur dengan Rambut Dikuncir Kuda Dapat Sebabkan Kebotakan
Ilustrasi rambut kuncir kuda. (Pexels/Julia Khalimova)
Beauty

Tidur dengan Rambut Dikuncir Kuda Dapat Sebabkan Kebotakan

Ini bahayanya.

Minggu, 31 Oktober 2021 14:10 WIB 31 Oktober 2021, 14:10 WIB

INDOZONE.ID - Pernahkah kamu tidur dengan rambut dikuncir kuda? Mungkin kamu berpikir hal itu akan membuat rambutmu tidak terlalu berantakan saat bangun nanti.

Tapi tahukah kamu, terlalu sering tidur dengan rambut dikuncir kuda justru dapat menyebabkan bahaya?

Seorang dokter kulit yang berbasis di New York City, Francesca J. Fusco, mengungkapkan tentang bahaya tidur dengan rambut kuncir kuda.

"Jika seseorang tidur dengan menguncir rambutnya setiap malam selama bertahun-tahun, traksi alopecia bisa terjadi di sepanjang garis rambut," kata Francesca kepada Allure.

Traksi alopecia adalah jenis kerontokan rambut yang disebabkan oleh tarikan pada rambut. Jika terlalu sering tidur dengan rambut dikuncir ke belakang, kemungkinan akan terjadi penarikan pada rambut yang sama.

Menurut British Association of Dermatologists, hal tersebut berpotensi mengarah pada perkembangan kebotakan.

Gaya rambut yang paling sering menyebabkan traksi alopecia adalah kuncir kuda yang terlalu erat, sanggul ketat, kepang ketat, dan ekstensi rambut, atau apapun yang memberi tekanan pada akar rambut.

BACA JUGA: Selain Tara Basro, Deretan Artis Ini Juga Tetap Cantik Meski Tampil Tanpa Makeup

"Risiko traksi alopecia semakin meningkat jika gaya rambut ini dikombinasikan dengan berbagai bahan kimia yang digunakan pada rambut," kata British Association of Dermatologists dikutip dari Thelist, Minggu (31/10/2021).

Dalam kebanyakan kasus, rambut dapat tumbuh kembali jika berbagai hal yang menyebabkan tekanan pada akar rambut dihentikan. Namun butuh waktu yang cukup lama untuk itu.

Untuk mencegah kebotakan, cobalah untuk selalu melepas kunciran rambut sebelum tidur.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US