The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Cara Hilangkan Ingrown Hair Setelah Mencabut atau Mencukur Rambut
Ilustrasi wanita mencukur bulu kaki. (freepik/bearfotos)
Beauty

4 Cara Hilangkan Ingrown Hair Setelah Mencabut atau Mencukur Rambut

Begini caranya.

Sabtu, 20 Juni 2020 14:13 WIB 20 Juni 2020, 14:13 WIB

INDOZONE.ID - Sejak dulu kala, memiliki kulit tanpa rambut selalu menjadi tren bagi berbagai kalangan, terutama bagi kaum wanita. Kulit tanpa rambut akan terlihat lebih cerah dan bersih sehingga banyak kaum wanita yang rela melakukan berbagai cara untuk menghilangkan rambut di badan mereka.

Menghilangkan rambut dapat dilakukan dengan menggunakan laser atau krim perontok rambut, melakukan waxing, serta mencabut atau mencukur rambut secara manual. Mencabut atau mencukur rambut adalah cara yang paling sering digunakan karena dianggap sebagai metode yang sangat mudah dan praktis.

Namun, kedua cara ini ternyata dapat menimbulkan masalah baru. Salah satunya adalah ingrown hair atau tumbuhnya rambut ke arah dalam kulit. Jika setelah mencabut atau mencukur rambut kamu menemukan benjolan-benjolan kecil pada kulit, maka itu adalah ciri-ciri umum dari ingrown hair.

Ingrown hair tidaklah berbahaya selama kulitmu tidak mengalami infeksi seperti rasa gatal, perih, atau bahkan sampai mengeluarkan nanah. Namun, terkadang benjolan-benjolan yang muncul dapat mengganggu penampilan.

Berikut ini empat cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan ingrown hair setelah mencabut atau mencukur rambut di tubuhmu.

1. Usahakan Tidak Menarik atau Mencabut Paksa Ingrown Hair

4 Cara Hilangkan Ingrown Hair Setelah Mencabut atau Mencukur Rambut
Ilustrasi wanita mencukur bulu halus. (freepik/jcomp)

Jika kamu memaksa mengambil rambut yang sudah terlanjur masuk ke dalam kulit dengan menggunakan alat bantu seperti pinset atau benda tajam lainnya secara paksa, hal ini hanya akan menyebabkan terjadinya infeksi pada kulit. Apalagi jika alat yang kamu gunakan tidak disterilkan terlebih dahulu.

2. Aplikasikan Handuk Hangat untuk Membuat Kulitmu Lebih Rileks

4 Cara Hilangkan Ingrown Hair Setelah Mencabut atau Mencukur Rambut
Ilustrasi mengaplikasikan handuk hangat. (freepik)

Jika merasa terganggu dengan keberadaan benjolan-benjolan tersebut pada kulitmu, apalagi jika ingrown hair berada pada bagian kulit yang mudah terlihat, kamu bisa mengaplikasikan handuk hangat untuk membuat kulitmu lebih rileks. Sehingga, benjolan pada kulit akan lebih cepat menghilang.

3. Hindari Menghilangkan Rambut di Area yang Dekat Ingrown Hair

4 Cara Hilangkan Ingrown Hair Setelah Mencabut atau Mencukur Rambut
Ilustrasi wanita mencukur rambut halus. (freepik/jcomp)

Menghilangkan rambut disekitar area ingrown hair dikhawatirkan akan melukai kulit yang terdapat pada bagian benjolan-benjolan kecil. Bahkan, jika kamu melakukannya dengan asal-asalan, kulitmu akan mengalami komplikasi dan masalah serius. Padahal, benjolan akibat ingrown hair yang tidak mengalami infeksi sebenarnya akan hilang dengan sendirinya kalau kamu bisa lebih bersabar.

4. Gunakan Lap atau Sikat Gigi yang Bersih untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

4 Cara Hilangkan Ingrown Hair Setelah Mencabut atau Mencukur Rambut
Ilustrasi sikat gigi. (freepik)

Sebelum mencabut atau mencukur rambut, sebaiknya scrub kulitmu terlebih dahulu agar benar-benar bersih. Sebab, jika pada kulit terdapat kotoran ataupun minyak, pori-pori akan menjadi tersumbat dan membuat rambut dapat tumbuh ke dalam kulit.

Jika rambut sudah terlanjur tumbuh ke dalam kulit, kamu bisa menggunakan lap atau sikat gigi yang lembut dan bersih untuk membuka pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Jangan lupa untuk menggunakan krim atau lotion yang mengandung asam salisilat untuk mengeksfoliasi kulit.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Yulia Marianti
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US