The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Cara Menghilangkan Komedo Membandel
Ilustrasi pakai masker untuk menghilangkan komedo (freepik)
Beauty

5 Cara Menghilangkan Komedo Membandel

Sabtu, 19 Desember 2020 09:05 WIB 19 Desember 2020, 09:05 WIB

INDOZONE.ID - Komedo salah satu masalah kulit yang sangat menyebalkan, bahkan kita sering kali merasa bersalah karena sudah menghilangkan komedo dengan sangat kasar.

Saat kita berusaha keras untuk menghilangkan komedo dengan cara memencetnya, hal ini justru dapat menyebabkan bekas jerawat dan iritasi.

Nah, dilansir dari Skincare.com, berikut ini cara efektif menghilangkan komedo:

1. Patuhi rutinitas perawatan kulit

Membersihkan dua kali sehari untuk menghilangkan minyak berlebih, kotoran dan penumpukan produk dapat membantu  menghindari pori-pori tersumbat dan komedo.

2. Gunakan masker tanah liat

Menggunakan masker tanah liat secara rutin juga membantu mengatasi komedo.

3. Cobalah mikrodermabrasi

Dokter kulit merekomendasikan mencoba mikrodermabrasi untuk menghilangkan komedo. Mikrodermabrasi adalah rangkaian perawatan non-invasif yang mengelupas kulit untuk mendapatkan kulit yang lebih lembut, lebih rata dan bersih. Perawatan ini tidak untuk semua orang, jadi konsultasikan dengan dokter kulit.

4. Eksfoliasi kulit dengan asam salisilat

Asam salisilat adalah asam beta-hidroksi yang mengelupas sel-sel mati dari permukaan kulit. Ini pada dasarnya membuat pori-pori bersih dan memungkinkan minyak mengalir dengan bebas dari folikel.

5. Krim retinoid topikal

Selain asam salisilat, retinol bisa efektif mencegah dan mengobati komedo karena meningkatkan pergantian sel dan membuka pori-pori.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US