The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sama-sama Alas Bedak, Ini Perbedaan BB Cream dan Foundation!
Ilustrasi foundation, salah satu produk make up (freepik.com)
Beauty

Sama-sama Alas Bedak, Ini Perbedaan BB Cream dan Foundation!

Keduanya miliki krteria masing-masing

Senin, 18 Juli 2022 13:46 WIB 18 Juli 2022, 13:46 WIB

INDOZONE.ID - Para pecinta make up mesti tak asing lagi dengan produk BB cream dan foundation. Keduanya merupakan alas bedak yang dipakai untuk menutupi kekurangan pada tampilan wajah, seperti garis halus, bekas jerawat, dan warna tidak merata. 

Akan tetapi, meskipun keduanya sama-sama alas bedak, tetapi keduanya tetap beda. Perbedaan BB cream dan foundation tersebut cukup signifikan, mulai dari tekstur, coverage, hingga hasil akhirnya. 

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai perbeedaan BB cream dan foundation, simak ulasan berikut ini. 

Perbedaan BB Cream dan Foundation

perbedaan bb cream dan foundation
Ilustrasi foundation dan bb cream (freepik.com)

Beberapa perbedaan BB cream dan foundation dapat terlihat dari tekstur, formula, coverage, hingga kandungannya. Berikut ini ulasan lengkapnya. 

1.  Miliki tekstur dan fungsi berbeda 

BB cream atau Beauty Balm cream memiliki tekstur krim yang cair dan cenderung lebih sheer atau minim coverage. BB cream biasanya dipakai untuk menutupi warna yang tidak merata pada kulit wajah, namun dengan hasil akhir yang sangat natural atau no-make up-look. 

Sedangkan, foundation, memiliki tekstur yang cukup berat. Artinya, tekstur foundation lebih tebal dan cukup baik dalam menutupi noda dan warna kulit tidak merata. Kendati demikian, foundation memiliki beragam tekstur yang dapat kamu coba. Foundation biasanya dipakai untuk hasil makeup yang lebih menonjol. 

2. Formula keduanya berbeda 

Perbedaan BB cream dan foundation juga tampak pada formula keduanya. BB cream diformulasikan dengan sangat ringan dan biasanya mampu untuk menutrisi dan melemapkan wajah. 

Ini didapatkan dari kandungan butylene glycol dan glycerin serta beberapa bahan tambahan lainnya. Kedua senyawa tersebut mampu untuk mengatasi kekeringan dan kulit kusam. Selain itu, BB cream juga biasanya mengandung SPF yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV

Sementara itu, foundation diformulasikan dengan kandungan yang cukup berat, seperti minyak, silikon, dan air. Dengan adanya kandungan tersebut, foundation lebih mampu untuk menutupi kekurangan pada tampilan wajah. 

3. Tingkat coverage berbeda

Mengingat formula dan tekstur yang dimiliki foundation, coverage yang dihasilkan oleh alas bedak ini lebih tinggi. Selain itu, ketahanannya lebih kuat dan tidak mudah luntur, sehingga hasil make up tampak lebih menonjol. 

Dibandingan dengan foundation, BB cream memiliki coverage yang tidak terlalu tinggi atau medium, sehingga menghasilkan tampilan yang lebih natural dan kurang tahan lama. 

4. Pilihan warna berbeda

Pilihan kedua warna alas bedak ini berbeda. Foundation memiliki warna lebih beragam daripada BB cream. 

Ini karena foundation lebih disesuaikan dengan tone atau warna kulit, yang dicocokan dengan kulit rata-rata yang dimiliki negara tersebut. Pilihan warnanya pun bisa belasan hingga puluhan. 

Berbeda dengan BB cream, yang biasanya hanya terdiri dari 3 pilihan warna, yaitu terang, sedang, dan gelap.

Lebih Bagus Mana?

perbedaan bb cream dan foundation
Ilustrasi foundation (freepik.com)

Pada dasarnya, keduanya merupakan produk alas bedak yang bagus untuk digunakan. Kamu bisa memakainya sesuai dengan kebutuhan dan konsentrasi make up.

Jika ingin mendapatkan hasil make up yang flawless dan mulus, serta sempurna dan lebih menonjol, kamu bisa menggunakan foundation. Namun, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang natural dan ringan untuk sehai-hari, BB cream menjadi pilihan yang cocok. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US