The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apa Itu Retinol? Yuk Cari Tahu Sebelum Berburu
Ilustrasi retinol (Freepik)
Beauty

Apa Itu Retinol? Yuk Cari Tahu Sebelum Berburu

Selasa, 05 Juli 2022 13:42 WIB 05 Juli 2022, 13:42 WIB

INDOZONE.ID - Skincare yang mengandung retinol mendadak ramai jadi perbincangan. Skincare retinol tengah banyak diburu pencinta skincare.

Kamu harus tahu, retinol bukanlah sembarang skincare yang bisa dipakai oleh semua usia. Karena sifat utama retinol dikenal mencegah penuaan dini.

Bahkan baru-baru ini, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS menyarankan, ibu hamil tidak disarankan menggunakan retinol. 

"Ketika menggunakan produk-produk yang berbahaya, bahan itu akan masuk ke kulit, kemudian ke pembuluh darah dan akhirnya sampai menembus ke plasenta," ujarnya dikutip Antara. 

Sebelum kamu berburu, alangkah baiknya mencari tahu arti retinol dan fungsi utama retinol jika dipakai secara rutin. Seperti ulasannya berikut, dilansir dari Insider.

Retinol merupakan turunan bentuk vitamin A berupa yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat dan mengurangi kerutan. 

Retinol lebih ramah untuk kulit daripada retinoid dan produk skincare-nya sudah dijual bebas. 

Lebih lanjut, berikut adalah sederet manfaat retinol yang bisa kamu simak. 

1. Mencerahkan Kulit

Retinol mengeksfoliasi kulit pada tingkat sel sehingga menghasilkan sel-sel kulit yang lebih cerah, lebih halus, dan lebih segar. 

2. Mencegah Kerutan

Retinol
Ilustrasi retinol (Freepik)

Penggunaan retinol secara rutin pada kulit dapat membantu menyamarkan garis-garis halus, kerutan, dan masalah kulit terkait penuaan lainnya. 


 
3. Merawat Kulit 

Dengan retinol, perawatan kulit jadi lebih terjamin. Seiring waktu, kulit mulai kehilangan kemampuannya untuk sembuh dari luka atau regenerasi. Hal ini membuat timbulnya bintik-bintik hitam, kulit kusam, dan lain sebagainya. Retinol adalah bahan yang membantu menghilangkan dan memudarkan bintik-bintik hitam, menghilangkan bekas luka, serta memastikan warna kulit merata. 

4. Meminimalkan Jerawat

Retinol juga merupakan bahan penting dalam produk kecantikan yang membantu merawat kulit berminyak. Retinol meminimalkan risiko wajah berjerawat karena mengatur produksi sebum dari kulit dan merawat kulit berminyak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Dewi Kania

Dewi Kania

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US