The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apa Itu Foundation? Ini Fungsi dan Cara Pakai yang Benar
Penggunaan foundation. (Bebeautiful.in)
Beauty

Apa Itu Foundation? Ini Fungsi dan Cara Pakai yang Benar

Tidak hanya sekadar menutupi permasalahan kulit.

Senin, 23 Mei 2022 16:00 WIB 23 Mei 2022, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - Foundation adalah riasan cair, krim, atau bubuk yang diaplikasikan pada wajah dan leher untuk menciptakan warna kulit yang merata dan seragam, menutupi kekurangan dan, terkadang, mengubah warna kulit alami.

Sayangnya, masih banyak orang yang menggunakan foundation dengan cara yang kurang tepat, padahal, menggunakan foundation hingga mendapatkan hasil yang alami dan sempurna adalah hal yang penting. Berikut adalah cara memakai foundation yang tepat, dikutip dari Bebeautiful.

1. Bersihkan kulitmu
Foundation kamu tidak akan mulus jika ada kotoran, minyak, keringat atau kotoran lain yang menempel di kulit kamu. Oleh karena itu, langkah pertama sebelum mengaplikasikan foundation sebaiknya adalah membersihkan wajah dengan makeup remover atau micellar water. Ini adalah langkah awal untuk membuat kulit kamu menjadi kanvas halus untuk produk makeup berikutnya.

2. Persiapkan dengan baik
Langkah selanjutnya adalah persiapan kulit. Ingat, agar foundation kamu terlihat alami, penting bagi kulit kamu untuk dilembabkan dan diberi nutrisi dengan baik. Langkah ini akan mencegah kulit kamu terlihat kering dan bersisik serta memberikan hasil akhir yang tidak lengket. 

3. Jangan pernah melewatkan primer

Primer adalah produk yang diaplikasikan sebelum menggunakan foundation. Menggunakan primer adalah kunci dari riasan yang tahan lama. Hanya karena kamu telah menggunakan pelembab, bukan berarti kamu bisa melewatkan penggunaan primer. Keduanya adalah produk yang sangat berbeda dan melayani tujuan yang berbeda dan sama pentingnya. Primer ini memiliki formula tahan air.

4. Gunakan kuas foundation terlebih dahulu
Kuas makeup atau spons tidak akan memberikan hasil yang diinginkan. Mulailah dengan mengolesi wajah kamu dengan foundation dan membaurkannya dengan gerakan ke luar mulai dari bagian tengah wajah kamu.

5. Gunakan spons atau beauty blender
Setelah kamu mengaplikasikan foundation dengan kuas, ambil spons/beauty blender yang dibasahkan dan oleskan ke seluruh wajah kamu. Ingatlah untuk tidak menggesek spons, karena itu akan menyerap foundation dari kulit kamu dan memberi hasil akhir yang tidak merata. 

6. Gunakan concealer
Ingatlah bahwa foundation kamu tidak dimaksudkan untuk menutupi jerawat, noda, atau masalah kulit lainnya karena menutupi masalah kulit adalah tugas dari concealer. Foundation kamu akan hanya meratakan warna kulit. Jadi penting gunakan concealer untuk menutupi permasalahan kulitmu.

Itulah 6 tips dalam menggunakan foundation dengan tepat. Pastikan kamu lebih teliti dan tidak melewati tahap-tahap tersebut ya ketika sedang menggunakan foundation!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Marghareta Anandya
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US