The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hati-hati! Bakteri Bahaya Ini Ditemukan di Produk Makeup
Ilustrasi makeup (Pexels/Emma Bauso)
Beauty

Hati-hati! Bakteri Bahaya Ini Ditemukan di Produk Makeup

Selasa, 15 September 2020 14:38 WIB 15 September 2020, 14:38 WIB

INDOZONE.ID - Apa kamu tipe orang yang suka mencoba kosmetik baru? Jika iya, sebaiknya kamu perlu mendapatkan informasi terbaru tentang bakteri baru ini yang mulai muncul di kosmetik populer.

Meski secara umum kosmetik tidak berbahaya, tapi salah satu unsur di dalamnya dapat menimbulkan risiko kesehatan. Salah satu unsur yang ditemukan dalam penelitian terbaru adalah bakteri yang disebut Pluralibacter.

Diperkenalkan sejak tahun 2000-an sejumlah besar produk telah ditandai bisa menimbulkan risiko mikrobiologis dan diberitahukan melalui sistem peringatan cepat Eropa untuk produk konsumen 'Safety Gate' (sebelumnya RAPEX).

Saat ini ditemukan sebanyak sepuluh produk kosmetik yang terdaftar dalam database RAPEX dipengaruhi oleh kontaminasi yang dikonfirmasi dengan P. gergoviae.

Jika salah satu produk yang kamu gunakan terkontaminasi P. gergoviae, kemungkinan besar bakteri mematikan tersebut dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka atau selaput lendir.

Dilansir dari Times of India, para peneliti telah menjelaskan bahwa bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi parah pada orang dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya.

Namun menurut Federal Institute for Risk Assessment (BfR), setiap produk kosmetik yang digunakan secara eksternal harus bebas dari P. gergoviae untuk menghindari risiko kesehatan bagi manusia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US