The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Clay Mask Punya Segudang Manfaat bagi Kesehatan Kulit dan Rambut, Apa Saja?
Ilustrasi wanita menggunakan clay mask (Freepik)
Beauty

Clay Mask Punya Segudang Manfaat bagi Kesehatan Kulit dan Rambut, Apa Saja?

Jumat, 17 Juni 2022 20:41 WIB 17 Juni 2022, 20:41 WIB

INDOZONE.ID - Masker Lumpur atau Claymask ternyata sudah digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut sejak dulu.

Claymask terbuat dari salah satu jenis tanah liat yang mengandung kaolin atau bentonit. Masker ini dipercaya memiliki beberapa manfaat, seperti menyerap minyak berlebih, membantu mengatasi kulit kering, dan mencegah jerawat. Meskipun begitu penggunaan claymask juga harus diperhatikan karena memiliki efek samping.

1. Claymask untuk jerawat dan kulit berminyak

Masker tanah liat berpotensi untuk menyerap minyak dari kulit kamu dan mencegah munculnya jerawat ringan, seperti jerawat dan komedo. Jenis jerawat ini terbentuk ketika pori-pori kamu tersumbat oleh kotoran dan minyak yang berlebihan.

Untuk mengatasinya, kamu disarankan untuk mengoleskan bubuk claymask dan air hangat. Air hangat membantu membersihkan minyak dan kotoran dari kulit.

Untuk jerawat yang lebih parah, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter ya!

Claymask juga bisa mengobati dermatitis, psoriasis, eksim, dan rosacea. Dikutip dari heathline.com menurut review studi tahun 2017, lotion yang mengandung bentonit bisa mengurangi gejala dermatitis yang disebabkan oleh poison ivy dan poison oak.

2. Claymask untuk kulit kering

Dilansir dari Healthline, menurut sebuah studi di 2016, ketika claymask mengeras, ia menciptakan lapisan yang dapat membantu kulit kamu mempertahankan kelembapan.

Tetapi perlu diperhatikan, penggunaan claymask yang berlebihan juga berpotensi mengeringkan kulit kamu. Jadi batasi penggunaan claymask maksimal sekali seminggu.

3. Claymask untuk merawat rambut

Selain bisa menyembuhkan kulit berjerawat, mengurangi minyak pada wajah, dan melembapkan kulit kering. Claymask juga bisa membantu merawat rambut  seperti, ketombe, rambut kering, rusak, dan kusut.

Beberapa orang mengklaim bahwa tanah liat dapat membantu rambut kamu tumbuh lebih cepat.

Efek samping dari penggunakan claymask yaitu kekeringan, rasa gatal, kemerahan, dan ruam. Untuk mencegahnya, jangan membiarkan claymask terlalu lama dikulit atau terlalu sering menggunakannya. Hal tersebut, bisa membuat kulit kamu menjadi kering atau teriritasi. Sebaiknya batasi penggunaannya jangan lebih dari dua kali seminggu.

Penulis: Asyila Chairunnisa Haya

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Indozone
Dewi Kania

Dewi Kania

Editor
Indozone

Indozone

Writer
JOIN US
JOIN US