The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

6 Tips Perawatan Kulit Wajah Bagi Remaja yang Rentan Berjerawat
Ilustrasi membersih wajah dengan sabun (shape.com.sg)
Beauty

6 Tips Perawatan Kulit Wajah Bagi Remaja yang Rentan Berjerawat

Sabtu, 10 Oktober 2020 15:05 WIB 10 Oktober 2020, 15:05 WIB

INDOZONE.ID - Tahukah kamu, kulit wajah akan banyak mengalami masalah ketika memasuki usia remaja. Itu terjadi karena perubahan hormon, paparan kotoran, kadar stres, polusi dan sinar matahari.

Untuk menghindari kulit wajah rusak, kamu para remaja harus tahu panduan perawatan kulit wajah terbaik bagi remaja, terutama bagi yang rentan berjerawat.

Lalu, bagaimana sih tips merawat kulit wajah remaja yang baik supaya terhindar dari risiko jerawatan dan penyakit kulit lainnya?

Tips Merawat Kulit Wajah Bagi Remaja

Rutinitas perawatan kulit wajah berperan penting dalam merawat kulit secara bertahap. Apalagi, kita tau bahwa kulit remaja sangat sensitif dan harus ditangani dengan hati-hati.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, inilah panduan tips merawat kulit wajah bagi remaja yang ideal supaya kesehatan dan kesegaran kulit tetap terjaga:

1. Rajinlah mencuci muka

tips merawat kulit wajah bagi remaja
Ilustrasi mencuci wajah (wellandgood.com)

Masih banyak yang salah paham bahwa sering mencuci wajah membantu menjaganya tetap bersih dan jauh dari masalah kulit. Padahal pendapat itu tidaklah benar.

Mencuci wajah secara berlebihan dalam sehari dapat menghilangkan efek lembap pada kulit. Alhasil, kulit menjadi kering dan kusam.

Tak perlu terlalu sering. Kamu cukup membersihkan wajah sekitar dua kali sehari saja, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari sebelum tidur.

2. Pilih produk pembersih wajah yang lembut

tips perawatan kulit wajah bagi remaja perempuan
Ilustrasi membersih wajah dengan sabun (shape.com.sg)

Seperti halnya rutinitas perawatan kulit yang baik, merawat kesehatan kulit remaja juga harus dimulai dengan tahap membersihkan.

Namun dalam hal ini, disarankan untuk menggunakan produk pembersih wajah yang lembut dan basuh wajah secara menyeluruh.

Begitu selesai mencuci muka, gunakan handuk lembut untuk mengeringkan wajah. Tips ini bermanfaat untuk menghilangkan semua kotoran dan penumpukan dari wajah.

Sebagai catatan, bila kamu kerap berurusan dengan jerawat, maka gunakan pembersih wajah khusus kulit berjerawat. Ini akan membantumu mengatasi masalah kulit wajah berjerawat dan mempercepat proses penyembuhannya.

3. Gunakan pelembab kulit wajah

panduan perawatan kulit wajah bagi remaja perempuan
Ilustrasi pelembap wajah (thecrystalsecret.net)

Langkah selanjutnya adalah melembabkan kulit. Kulit kering adalah penyebab masalah kulit wajah. Apabila kamu menginginkan kulit lembut dan halus seperti sutra, pelembab adalah suatu keharusan.

Dapatkan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Jangan lupa untuk mengoleskannya setiap pagi. Ingat, kulit yang terhidrasi baik akan mengurangi risiko kulit kering dan kusam.

4. Pakai Sunscreen (Tabir Surya)

tips merawat kulit remaja dengan sunscreen tabir surya
Ilustrasi mengoleskan tabir surya (Unsplash/@batch_by_whs)

Rutinitas perawatan kulit wajah bagi remaja yang tak kalah penting namun sering diabaikan yaitu pemakaian tabir surya (sunscreen).

Seringkali, ketika memasuki usia remaja, perhatian untuk melindungi kulit masih setengah-setengah. Ini yang membuat banyak remaja perempuan keluar rumah tanpa mengenakan tabir surya. 

Sinar matahari yang berbahaya dapat menyebabkan banyak kerusakan pada kulit, terutama kulit remaja yang sensitif dan rentan rusak.

Oleskan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit remaja kamu. Ini adalah langkah perawatan kulit yang penting. Bukan hanya untuk remaja, tapi juga semua usia.

5. Kenakan riasan wajah jika diperlukan

tips perawatan kulit wajah terbaik bagi remaja perempuan
Ilustrasi makeup (Unsplash/@freestocks)

Sebagai remaja, tidak ada yang lebih menarik dari make-up. Ini hal yang wajar memang. Apalagi dengan banyaknya tren make-up yang beredar di Instagram, pasti kamu pun ingin mencoba, kan?

Make-up memang membuat wajah kamu terlihat cantik. Tapi menggunakan riasan tebal dapat menyumbat pori-pori kulit yang menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, noda, dan komedo.

Bahan kimia yang digunakan dalam produk juga tidak ideal untuk kulit remaja. Jadi, beriaslah seminimal mungkin dan kenakan hanya jika diperlukan saja.

6. Tutupi kulit wajah saat keluar rumah

tips merawat kulit wajah bagi remaja perempuan rentan berjerawat
Ilustrasi wanita bertopi (Unsplash/@aaronbirch)

Remaja penuh energi. Bertemu teman, bermain, dan nongkrong di luar adalah hal normal. Tapi jangan lupa untuk tetap melindungi kulit wajahmu.

Selain mengoleskan tabir surya, kenakan pula syal, topi, atau kardigan untuk menutupi kulitmu ketika hendak keluar rumah.


Nah, itulah panduan perawatan kulit wajah terbaik bagi remaja, terutama bagi yang rentan berjerawat. Semoga tips di atas bermanfaat, ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US