The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Cara Meratakan Warna Kulit Wajah Akibat Paparan Sinar Matahari
Ilustrasi warna kulit tidak merata (unsplash.com/@luxdamore)
Beauty

5 Cara Meratakan Warna Kulit Wajah Akibat Paparan Sinar Matahari

Jangan biarkan kulitmu belang

Selasa, 17 Mei 2022 14:40 WIB 17 Mei 2022, 14:40 WIB

INDOZONE.ID - Jika terlalu sering terpapar sinar matahari dan tidak memakai produk tabir surya, warna kulit akan menjadi tidak merata atau belang dan terlihat kusam. 

Warna kulit tidak merata ini biasa dikenal dengan belang dan mengganggu penampilan. Jika sudah begini, tentu ada keinginan untuk mengembalikan warna kulit jadi merata. 

beberapa cara meratakan warna kulit wajah berikut ini bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kepercayaan diri kamu. 

1. Rutin Gunakan Pelembap dan Tabir Surya

cara meratakan warna kulit wajah
Sunscreen (unsplash.com/@batch_by_whs)

Selain dapat melembapkan kulit, pelembap juga mampu menjadi cara meratakan warna kulit wajah yang belang. Hal ini dilakukan pelembap dengan cara menenangkan kulit sekaligus mengatasi kulit kering dan kemerahan yang menjadi sumber awal belang. 

Setelah menggunakan pelembap, bisa dilanjutkan dengan menggunakan tabir surya (sunscreen). Hal ini sangat penting karena sunscreen memiliki kandungan SPF, mulai dari 30 hingga 50. 

Kandungan SPF tersebut dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan melindungi kulit dari berbagai masalah, yaitu keriput, flek hitam, tanda-tanda penuaan hingga risiko kanker kulit.

Jika berada di luar dan terkena paparan sinar matahari yang cukup lama, ada baiknya untuk mengoleskan kembali sunscreen.

2. Minum Air Putih dengan Cukup

cara meratakan warna kulit wajah
Air putih (unsplash.com/@manuschwendener)

Cara meratakan warna kulit wajah berikutnya adalah dengan meminum air putih yang cukup. Dengan meminum air putih yang cukup, kulit wajah akan terus terhidrasi dan tidak akan terasa kering, kasar, bersisik, atau berjerawat. Dilansir dari sehatq.com, para ahli biasanya menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari. 

3. Ekfoliasi Wajah 

cara meratakan warna kulit wajah
eksfoliasi wajah (stives.com.sg)

Dengan mengeksfoliasi wajah menggunakan scrub, sel kulit mati akan rontok dan belang di wajah atau warna yang tidak merata akan lebih cerah. Eksfoliasi bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami yang mengandung AHA/BHA. 

Setelah eksfoliasi, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap dan sunscreen agar mencegah kulit kering dan belang karena paparan sinar matahari langsung. 

4. Hindari Konsumsi Makanan Tertentu 

cara meratakan warna kulit wajah
Makanan pedas (unsplash.com/@grimnoire)

Menghindari jenis makanan tertentu juga dapat menjadi cara meratakan warna kulit wajah. Hal ini karena beberapa makanan dapat memicu kemerahan dan warna kulit wajah tidak merata. 

Beberapa makanan tersebut seperti makanan pedas, tinggi gula, produk olahan susu, makanan olahan dan mengandung lemak jenuh, serta minuman beralkohol. 

5. Gunakan Produk Pencerah 

cara meratakan warna kulit wajah
Ilustrasi menggunakan skincare (unsplash.com/@cheyennedoig)

Cara meratakan warna kulit wajah yang terakhir adalah dengan memakai produk pencerah kulit. Produk perawatan wajah atau skincare ini dapat menghilangkan belang di wajah akibat sinar matahari. 

Masih dilansir dari sumber yang sama, beberapa kandungan yang bisa digunakan untuk mencerahkan warna kulit wajah adalah vitamin C, Azelaic acid, Glycolic acid, Kojic acid, Retinoid (Retinol, Tretinoin, dan Tazarotene), Niacinamide

Untuk menghindari iritasi pada kulit wajah akibat ketidaktahuan apakah kandungan tersebut cocok atau tidak, ada baiknya mengkonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. 

Itulah cara meratakan warna kulit wajah yang bisa kamu ikuti agar kepercayaan diri kamu bisa kembali. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US