Jangan Asal Makan, Ini Makanan untuk Kesehatan Rambut dan Kuku
Ilustrasi telur. (Pexels/Pixabay)
Beauty

Jangan Asal Makan, Ini Makanan untuk Kesehatan Rambut dan Kuku

Kesehatan rambut bisa dipengaruhi makanan.

Selasa, 14 Januari 2020 08:06 WIB 14 Januari 2020, 08:06 WIB

INDOZONE.ID - Banyak produk rambut yang dijual di pasaran. Tapi tahukah kamu jika asupan dalam tubuh lebih efektif daripada produk luar?

Apa yang kamu makan berpengaruh pada kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Jika kamu ingin mulai mencoba merawatnya dari dalam, coba rutin konsumsi lima makanan ini seperti dilansir dari Realsimple, Selasa (14/1/2020).

1. Biji Bunga Matahari

Makanan untuk rambut dan kuku
Biji bunga matahari. (Timesofindia)

Biji bunga matahari mengandung vitamin E yang bagus untuk tubuh. Seperempat biji bunga matahari menyediakan lebih dari 80% asupan harian vitamin E yang direkomendasikan. Vitamin E bisa mencegah kerontokan rambut.

Kandungan antioksidan pada biji ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebad dan sinar UV.

2. Paprika Merah

Makanan untuk kesehatan rambut dan kuku
Paprika merah. (Pexels/Mubaz Basheer)

Paprika merah menyediakan lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Vitamin ini penting untuk sintesis kolagen yang merupakan protein berlimpah di kulit yang penting untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang dapat mencegah paparan sinar UV yang berbahaya. Selain itu, membantu tubuh menyerap zat besi yang mencegah terjadinya kerontokan rambut.

3. Kacang Pistachio

Makanan untuk rambut dan kuku
Kacang pistachio. (Pexels/Mehran B)

Kacang pistachio mengandung lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak bermanfaat yang memberi banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah memperbaiki penuaan kulit.

Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal mengalami peningkatan elastisitas kulit. Lemak sehat dalam pistachio juga bisa mengurangi kerontokan rambut.

4. Mentimun

Makanan untuk rambut dan kuku
Mentimun. (Pexels/Lo)

Tubuh yang terhidrasi juga memengaruhi kesehatan kuku dan kulit. Jika kandungan air dalam tubuh kurang, kuku lebih rentan terinfeksi jamur. Kondisi ini juga membuat rambut lebih kering dan mudah rusak jika kamu termasuk pengguna alat pengering rambut. Mentimun memiliki kadar air 96% yang membuat tubuhmu terhidrasi dengan bagus. 

5. Telur

Makanan untuk kesehatan rambut dan kuku
Telur. (Pexels/Pixabay)

Kandungan lutein dalam telur sangat bermanfaat bagi kulit, rambut, dan kuku. Lutein yang merupakan fitonutrien dalam telur sudah terbentuk dan siap digunakan oleh tubuh. Lutein membuat kulit lebih bercahaya dan bagus untuk warna rambut.
 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU