The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Begini Lho yang Dinamakan Diet Flexitarian
Ilustrasi diet. (Freepik)
Beauty

Begini Lho yang Dinamakan Diet Flexitarian

Senin, 29 Maret 2021 13:34 WIB 29 Maret 2021, 13:34 WIB

INDOZONE.ID - Demi mendapatkan bentuk tubuh ideal, tidak sedikit orang berlomba-lomba menurunkan berat badan alias diet dengan beragam jenis, salah satunya flexitarian diet.

Dilansir Boldsky, kata flexitarian merupakan kombinasi dari 2 kata yakni "fleksibel" dan "vegetarian", yang berarti bahwa pola makan di sini menggunakan pendekatan vegetarian yang lebih fleksibel dibanding dengan pola makan vegetarian atau vegan lainnya.

Pola makan flexitarian menyarankan untuk mengambil manfaat dari pola makan vegetarian tanpa sepenuhnya menghilangkan produk hewani dari makanan.

Flexatarian disebut juga dengan diet semi-vegetarian yang menekankan pada makan makanan nabati dan sesekali mengkonsumsi daging dalam jumlah sedang.

Diet ini berfokus pada mengkonsumsi lebih banyak makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, polong-polongan, kacang-kacangan dan biji-bijian sambil tetap menikmati daging dalam jumlah sedang, mengkonsumsi lebih sedikit makanan olahan dan membatasi tambahan gula dan permen.

Diet ini juga menyarankan untuk mengkonsumsi makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, lentil, kedelai, dan tahu. 

Lalu, sayuran bertepung seperti ubi, jagung dan kacang polong. Sayuran non-tepung seperti paprika, kubis Brussel, kacang hijau, wortel, dan kembang kol.

Untuk buah-buahan yang direkomendasikan adalah apel, jeruk, anggur, beri dan ceri. Sedangkan pada biji-bijian seperti soba, quinoa dan farro. 
Kemudian, kacang dan biji-bijian seperti almond, kacang mete, kenari, biji chia, biji rami, dan pistachio.

Mengkonsumsi susu juga disarankan pada diet ini seperti susu kelapa atau santan, susu kedelai, susu rami dan susu almond tanpa pemanis.

Selain itu, untuk lemak, dianjurkan mengkonsumsi lemak sehat seperti alpukat dan minyak zaitun. 

Kamu juga dapat memakan telur, ayam, ikan, daging, susu yang berasal dari hewan yang diberi makan rumput atau yang dipasteurisasi, minuman herbal seperti teh, kopi dan air putih.

Terakhir, kamu tidak disarankan untuk makan daging olahan seperti sosis, karbohidrat olahaan, makanan cepat saji, gula dan manisan saat menjalankan diet flexitarian.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US