The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tembus Pasar Eropa, Produk Kecantikan Asal Semarang Ini Dijual di Bulgaria
Ilustrasi bulu mata palsu. (Freepik)
Beauty

Tembus Pasar Eropa, Produk Kecantikan Asal Semarang Ini Dijual di Bulgaria

Sabtu, 17 April 2021 09:31 WIB 17 April 2021, 09:31 WIB

INDOZONE.ID - Produk kecantikan asal Indonesia berupa bulu mata palsu dan rambut palsu sukses menembus pasar Eropa hingga dijual di Bulgaria.

Dilansir Antara, Jumat (16/4/2021), awal pekan ini, Permata Bangun Mandiri (PBM), produsen bulu mata palsu dan rambut palsu asal Semarang, Jawa Tengah, telah memulai produksi untuk memenuhi pesanan dari Bulgaria.

Sebelumnya, UMKM tersebut telah mengekspor produknya ke Amerika Serikat, Inggris, Ceko, serta Nigeria, dan kini masuk ke Eropa.

UMKM PBM yang salah satu lokasi produksinya berada di Purbalingga berharap dengan menggarap pesanan awal ini, produknya dapat merambah tidak hanya Bulgaria tapi juga negara Eropa lainnya dan kawasan Balkan.

Keseluruhan produk PBM sendiri memang dibuat menggunakan tangan (hand-made) guna mempertahankan kualitas.

Menariknya lagi, dalam sebulan UMKM tersebut mampu menghasilkan 1 juta produk bulu mata palsu, rambut palsu, dan hair extensions.

Seperti diketahui, Indonesia telah menjadi penyuplai produk bulu mata palsu atau false eyelashes dunia sejak 20 tahun terakhir.

Dikenal sebagai “The World’s Best Producer of False Eyelashes”, produk bulu mata palsu dari Indonesia dinilai lebih superior daripada pesaingnya.

Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta mengatakan awal Ramadhan dan pandemi global tidak menyurutkan derap langkah KBRI untuk terus bekerja sama dengan UMKM menembus pasar luar negeri.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US