The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Heboh Sunscreen Bisa Picu Kanker Kulit, Hoax Tak Ada Bukti!
Ilustrasi sunscreen (Freepik)
Beauty

Heboh Sunscreen Bisa Picu Kanker Kulit, Hoax Tak Ada Bukti!

Sabtu, 06 Agustus 2022 16:35 WIB 06 Agustus 2022, 16:35 WIB

INDOZONE.ID - Belum lama ini publik dihebohkan soal penggunaan tabir surya atau sunscreen disebut bisa memicu kanker kulit. Jangan percaya, pernyataan itu cuma hoaks!

Tabir surya menjadi upaya seseorang menghalangi pengaruh cahaya matahari yang merusak kulit, saat seseorang akan beraktivitas di luar ruangan.

Sebuah unggahan di Twitter, mengatakan justru sebaliknya. Akun Twitter @_Reviveyourself mengklaim sinar matahari tidak dapat menyebabkan kanker kulit, tetapi tabir surya dan makanan yang kita makan, seperti biji-bijian dan minyak sayur yang menyebabkan kanker kulit.

Unggahan yang muncul pada 19 Maret 2022 itu telah disukai oleh 225 pengguna lain Instagram.

Berikut adalah narasi unggahan itu yang telah diterjemahkan:
"Berhenti makan biji-bijian & minyak sayur, dan berhenti memakai tabir surya yang sangat beracun. Matahari tidak memberi Anda kanker kulit, tetapi makanan yang Anda konsumsi & apa yang Anda kenakan pada kulit Anda”

Namun, apakah benar tabir surya menyebabkan kanker kulit?
 

Penjelasan:
Dalam situs Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, kanker kulit terutama disebabkan oleh paparan radiasi sinar ultaviolet dari Matahari atau sumber lain seperti mesin "tanning".

"Individu yang terus menerima paparan sinar matahari yang berlebihan tanpa perlindungan memadai pada usia dewasa, bisa mengalami kerusakan sel-sel kulit dan menyebabkan kanker kulit," demikian penjelasan dalam situs Unair.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Arini Astasari Widodo, seperti dilaporkan ANTARA, menyatakan sinar ultaviolet mengakibatkan masalah pigmentasi kulit, penyakit kulit karena sensitif cahaya ultaviolet, tumor jinak, bahkan kanker kulit.

"Banyak orang yang merasa karena kulitnya tidak terpapar sinar matahari, tidak perlu menggunakan tabir surya. (Padahal) paparan sinar UV dapat berasal dari sinar matahari langsung, dan sinar matahari tidak langsung, termasuk dari pantulan benda, pasir, salju dan lainnya," kata Arini, dikutip ANTARA. 

Sementara dalam laporan Reuters, tidak ada bukti sampai saat ini bahwa mengonsumsi makanan tertentu dapat menjadi penyebab langsung kanker kulit. Justru sejumlah bukti mengarahkan radiasi sinar ultaviolet yang menyebabkan kanker kulit.

Dengan demikian klaim tabir surya menjadi penyebab kanker kulit merupakan pernyataan salah atau hoaks.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Dewi Kania

Dewi Kania

Editor
JOIN US
JOIN US