The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Penyebab Bibir Pecah-pecah, dari Kebiasaan Buruk sampai Kondisi Kesehatan
Ilustrasi bibir kering pecah pecah (oklahoman.com)
Beauty

5 Penyebab Bibir Pecah-pecah, dari Kebiasaan Buruk sampai Kondisi Kesehatan

Sabtu, 17 Oktober 2020 12:21 WIB 17 Oktober 2020, 12:21 WIB

INDOZONE.ID - Penyebab bibir kering dan pecah-pecah bisa karena beberapa faktor, mulai dari kebiasaan sehari-hari maupun produk kecantikan bibir yang digunakan.

Bagi kamu yang punya masalah bibir pecah-pecah dan kering, sebaiknya ketahui dulu apa saja penyebabnya agar kondisi tersebut tidak bertambah parah.

Penyebab Bibir Pecah-pecah yang Harus Diketahui

Bibir pecah-pecah dan kering bukan hanya mengganggu penampilan, tapi juga membuat bibir terkelupas dan menyakitkan.

Biasanya, para wanita sering menggunakan lip balm untuk meredakan masalah bibir pecah-pecah. Tetapi itu hanya sementara waktu. Kamu butuh perawatan alami mengatasi bibir pecah-pecah, misalnya menggunakan minyak esensial.

Sebelum memilih penanganan yang tepat, sebaiknya kamu ketahui dulu penyebab bibir pecah-pecah dan kering, seperti dirangkum Indozone berikut dari berbagai sumber:

1. Dehidrasi

penyebab bibir pecah-pecah dan bibir kering
Ilustrasi bibir kering (oklahoman.com)

Dehidrasi atau kekurangan cairan air dalam tubuh merupakan salah satu alasan mendasar kenapa kamu mengalami bibir pecah-pecah.

Selain tidak cukup minum air, dehidrasi bisa juga terjadi karena muntah, diare, berkeringat, maupun sakit. Kondisi itu 'menyedot' kelembapan bibir.

Jika kamu mengalami dehidrasi, kemungkinan besar kamu akan memiliki kulit keriput dan kusam serta bibir pecah-pecah. Karena itu, rajinlah minum, setidaknya 2 liter air (8 gelas) setiap hari.

2. Malnutrisi

penyebab bibir kering pecah pecah
Ilustrasi malnutrisi penyebab bibir pecah pecah (medicalnewstoday.com)

Vitamin, mineral dan antioksidan berperan besar dalam menjaga kesehatan kulit. Khusus untuk bibir, tidak ada yang lebih penting dari vitamin B, seng, dan zat besi.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa seseorang menderita anemia atau kekurangan nutrisi lainnya, serta memiliki kulit kusam, keriput, dan bibir pecah-pecah.

3. Kebiasaan menjilat bibir

penyebab bibir pecah pecah dan bibir kering
Ilustrasi menggigit bibir (helpyourskin.co.uk)

Kebiasaan menjilat bibir hampir sebagian besar dilakukan orang-orang, terlebih saat sedang cemas ataupun stres berat.

Tanpa disadari, kebiasaan menjilat bibir tidak hanya membuat bibir kering dan pecah-pecah karena dehidrasi tetapi juga dapat melukainya.

4. Disfungsi tiroid

penyebab bibir kering pecah pecah
Ilustrasi bibir pecah pecah (helpyourskin.co.uk)

Bibir pecah-pecah yang tidak kunjung sembuh meskipun telah dilakukan perawatan sebaik mungkin merupakan tanda dari fungsi tiroid yang rendah.

Untuk itu, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan kadar tiroid untuk melihat apakah bibir pecah-pecah karena hipotiroidisme atau tidak.

5. Makanan pedas

penyebab bibir pecah pecah dan kering karena makanan pedas
Ilustrasi makanan pedas (Unsplash/@louishansel)

Konsumsi terlalu banyak makanan pedas secara teratur dapat menyebabkan dehidrasi, masalah gastrointestinal seperti gangguan pencernaan ataupun peradangan pada bibir.

Pada kondisi tersebut, sangat mungkin menjadi penyebab bibir pecah-pecah. Karena itu, cobalah berhentikan sementara waktu dari semua makanan pedas sampai bibir sembuh.


Nah, itulah penyebab bibir kering dan pecah-pecah, mulai dari kebiasaan sehari-hari, gaya hidup maupun kondisi kesehatan tertentu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
JOIN US
JOIN US