The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Perbedaan Cushion dan Foundation, Pemula Makeup Perlu Tahu!
Foundation sebagai alas bedak (freepik.com)
Beauty

5 Perbedaan Cushion dan Foundation, Pemula Makeup Perlu Tahu!

Sama-sama alas bedak tapi beda

Rabu, 22 Juni 2022 15:16 WIB 22 Juni 2022, 15:16 WIB

INDOZONE.ID - Saat ingin memakai makeup, salah satu produk yang diaplikasikan adalah alas bedak atau yang lebih dikenal dengan foundation atau cushion

Keduanya berfungsi untuk menutupi kekurangan pada wajah seperti bekas jerawat, garis kerutan, dan warna kulit yang tidak merata.

Meskipun keduanya merupakan hal yang sama, namun, cushion dan foundation nyatanya berbeda. Berikut ini perbedaan cushion dan foundation

1. Dikemas Dalam Bentuk Berbeda 

perbedaan cushion dan foundation
perbedaan cushion dan foundation dilihat dari kemasan (pinterest.com)

Perbedaan cushion dan foundation yang pertama adalah kedua alas bedak ini dikemas dalam tempat berbeda. 

Foundation umumnya dikemas dalam bentuk botol dengan tutup tube atau pump. Sedangkan, cushion dikemas dalam bentuk compact yang telah dilengkapi cermin dan sponge atau cushion puff-nya tersendiri. 

Oleh karena itu, jika dinilai dari kemasannya, cushion cenderung lebih travel-friendly atau mudah dibawa kemana-mana daripada foundation.

2. Keberagaman Shade Warna Berbeda 

perbedaan cushion dan foundation
Shade Foundation Face Base BLP Beauty (shopee.co.id)

Tak dapat dipungkiri, banyak pecinta dan pengguna make up lebih sering memilih foundation sebagai alas bedak dibanding cushion. Ini karena keberagaman shade cushion dan foundation berbeda. 

Foundation memiliki shade yang lebih beragam dari pada cushion. Biasanya, shade foundation terdiri dari belasan hingga puluhan warna, mulai dari terang hingga gelap. Sedangkan shade cushion biasanya lebih minim sekitar empat sampai lima shade. 

Umumnya, warna shade tersebut diproduksi sesuai dengan warna kulit asal negara tersebut. 

3. Memiliki Tekstur Berbeda 

perbedaan cushion dan foundation
Tekstur foundation dan cushion berbeda (freepik.com)

Perbedaan cushion dan foundation juga nampak pada tekstur yang dimiliki keduanya. Foundation memiliki tekstur yang lebih cair dibanding cushion

Ini jelas terbukti dari cara keduanya di kemas. Foundation dikemas dalam tube, maka tekstur foundation cair atau sedikit kental dan licin. 

Sedangkan cushion, memilii tekstur yang creamy, kental dan menempel pada sponge cushion

4. Cara Pengaplikasian Berbeda 

perbedaan cushion dan foundation
Pengaplikasian cushin dan foundation berbeda (orchard.vn)

Setelah mengetahui teksturnya, maka cara pengaplikasian foundation dan cushion ini pun berbeda. Foundation diaplikasikan menggunakan beauty blender maupun brush

Jika dengan beauty blender, pastikan alat tersebut sudah dibasahi agar foundation menempel dengan sempurna di wajah. Sementara itu, jika dengan kuas brush, maka foundation diratakan dengan cara diusapkan menggunakan kuas brush. 

Di sisi lain, ketika memakai cushion, maka produk dapat diaplikasikan menggunakan cushion puff atau sponge yang tersedia dalam kemasan dengan cara di tap-tap. Cushion puff atau sponge ini tidak perlu dibasahi seperti beauty blender. 

5. Memiliki Coverge Berbeda 

perbedaan cushion dan foundation
perbedaan wajah sebelum dan setelah pakai foundation (id.pinterest.com)

Perbedaan cushion dan foundation kali ini tampak pada kemampuan produk untuk menutupi kekurangan yang ada pada wajah. 

Umumnya, foundation memiliki coverage yang medium to full atau menutup sempurna. Jadi, kekurangan pada wajah, seperti bekar jerawat, garis halus, dan warna kulit tidak merata bisa tertutupi. 

Sementara itu, cushion umumnya memiliki coverage yang medium atau tidak terlalu menutup sempurna, namun membuat warna kulit lebih merata dan tetap natural. 

Itulah beberapa perbedaan cushion dan foundation yang dapat kamu ketahui. Pada dasarnya, kamu bisa memakai keduanya sesuai dengan hasil makeup yang ingin kamu dapatkan. 

Misalnya, untuk makeup pengantin, karakter, atau tipe makeup bol lainnya, foundation bisa kamu gunakan. Sedangkan, jika ingin lebih natural untuk sehari-hari kamu bisa menggunakan cushion karena formulanya lebih ringan. Cushion juga biasanya dilengkapi dengan kandungan skincare.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US