Produk kecantikan wajah hadir dengan beragam manfaat. Mulai dari mencerahkan, mengenyalkan, melembapkan, hingga mencegah penuaan dini (anti aging).
Di Indonesia, 43,3% perempuan menggunakan makeup pertama kali sebelum 13 tahun. Sementara pemakaian skincare secara umum, 45,4% perempuan Indonesia memakainya sebelum usia 19 tahun.
Pada Generasi Z (13-22 tahun), penggunaan produk anti aging dimulai sebelum usia 13 tahun. Hal ini terungkap dari hasil ZAP Beauty Index 2019 melalui survei yang dilakukan terhadap 6.460 responden.
"Generasi Z memakai anti aging sebelum 13 tahun. Tapi penggunaan concealer di Gen Z juga tiga kali dibanding Generasi X dan Y," ujar Yosanova Savitry, Chief Operation Markplus Institute di Jakarta, Selasa (21/1/2020).
Selain produk anti aging, Gen Z juga senang memakai sheet mask dibanding sunscreen. Padahal, fungsi sunscreen lebih penting dalam melindungi kulit dibanding sheet mask. Hampir 97% perempuan Indonesia belum merasa perlu menggunakan sunscreen. Salah satu penyebabnya adalah Gen Z menginginkan hasil yang instan.
"Padahal sinar matahari UVA mengkhawatirkan, bisa bikin flek hitam dan penuaan kulit dibandingkan UVB," kata dr. Dara Ayuningtyas, Head Medical & Training ZAP Clinic.