The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Kemungkinan Penyebab Rambut Keriting Pada Pria Kering
Ilustrasi rambut keriting (Pexels/Cottonbro)
Beauty

4 Kemungkinan Penyebab Rambut Keriting Pada Pria Kering

Selasa, 20 Oktober 2020 12:37 WIB 20 Oktober 2020, 12:37 WIB

INDOZONE.ID - Rambut kering sering memicu siapa saja, baik pria maupun wanita dari segala usia. Meskipun rambut kering mungkin mengganggu, biasanya itu bukan pertanda kondisi kesehatan yang serius. Beberapa perubahan pada rutinitas perawatan rambut akan mengurangi kekeringan.

Pria dengan rambut keriting paling rentan mengalami rambut kering. Ini karena sebum tidak dapat mencapai ujung rambut semudah pada rambut lurus atau bergelombang.

Nah, pria yang mengalami rambut kering bisa saja disebabkan oleh faktor lingkungan, rutinitas perawatan rambut, dan kesehatan hormonal.

Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa yang menyebabkan rambut kering pada pria:

1. Disfungsi tiroid

Kelenjar tiroid terletak di bagian depan leher dan menghasilkan hormon yang mengontrol metabolisme. Hormon tiroid merangsang pertumbuhan rambut dengan bekerja pada sel induk di folikel rambut. Sehingga berdampak membuat rambut kering.

2. Paparan sinar matahari

Paparan sinar UV dari sinar matahari dapat merusak kulit.  Selain itu, paparan yang terlalu lama juga dapat merusak lapisan luar rambut yang disebut kutikula. Ketika kutikula rusak rambut bisa menjadi kering.

3. Keramas terlalu sering

Keramas terlalu sering juga memicu rambut kering pada pria, karena dapat menghilangkan minyak rambut. orang yang memiliki rambut kering sangat rentan dengan kekeringan.

4. Air berklorinasi

Pemaparan berulang kali terhadap air yang mengandung klor dapat menurunkan jumlah minyak alami di rambut, sehingga menyebabkan rambut kering.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US