Ternyata Bumbu Dapur Ini Bermanfaat Bagi Kecantikan loh!
Kolase bumbu dapur.
Beauty

Ternyata Bumbu Dapur Ini Bermanfaat Bagi Kecantikan loh!

Jumat, 01 November 2019 14:33 WIB 01 November 2019, 14:33 WIB

INDOZONE.ID - Bumbu dapur yang selama ini dikenal dapat menambah dan memperkaya cita rasa masakan, ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kecantikan, khususnya kecantikan kulit. 

Kandungan-kandungan khusus dalam bumbu dapur tersebut dapat mempercantik tampilan kita sehari-hari tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Ini dia 7 bumbu dapur yang dipercaya dapat digunakan untuk perawatan kecantikan yang dirangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Serai

bumbu dapur untuk kecantikan
Ilustrasi Serai. (Pixabay/yuelanliu)

Salah satu bahan yang biasanya dipakai untuk membuat gulai ini ternyata juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Gak hanya perempuan, laki-laki yang berjerawat pun bisa diatasi dengan serai. Cukup campurkan serai dengan teh dan oleskan di wajah. Campuran itu akan bantu menghilangkan jerawat yang mengganggu kecantikan atau ketampananmu.

2. Bawang Putih

bumbu dapur untuk kecantikan
Ilustrasi bawang putih. (Pixabay/stevepb)

Bawang putih mempunyai khasiat sebagai pereda jerawat, menghilangkan komedo, menghaluskan kulit, menyamarkan bekas luka, serta bisa mencegah gejala penuaan.

Cara perawatan wajah dengan bawang putih sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan bawang putih yang sudah di belah dua ke area wajah yang bermasalah. Disarankan melakukan treatment ini pada malam hari.

3. Jahe

bumbu dapur untuk kecantikan
Ilustrasi Jahe. (Pixabay/congerdesign)

Jahe dipercaya dapat membersihkan kulit secara optimal hingga lapisan terdalam. Bahkan jahe dapat membuat kamu terlihat lebih muda sekaligus melancarkan sirkulasi darah. Campurkanlah jahe dan jus lemon dengan pembagian yang sama, kemudian tambahkan madu organik mentah untuk membuat pasta. Oleskan ke wajah, biarkan sebentar dan bilas dengan air dingin.

4. Kunyit

bumbu dapur untuk kecantikan
Ilustrasi kunyit. (Pixabay/stevepb)

Bahan dapur ini mampu mencerahkan kulit wajah, karena kandungan anti oksidan yang terkandung didalam kunyit mampu mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah.

Kandungan Vitamin C sangat berkhasiat untuk menghilangkan kerutan akibat penuaan serta bisa meredakan mata panda. Tidak hanya mencerahkan wajah, kunyit juga mampu mengatasi masalah rambut, seperti ketombe serta sebagai anti inflamasi dan antikanker.

Buatlah masker atau lulur dengan takaran 2 sendok  makan bubuk kunyit, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan susu segar dan 1 sendok makan jus tomat. Balur dan pijat sedikit masker atau lulur secara merata pada wajah, leher, tangan dan kaki. Kemudian, diamkan hingga mengering lalu bersihkan menggunakan air dingin.

5. Merica

bumbu dapur untuk kecantikan
Ilustrasi Merica. (Pixabay/congerdesign)

Sifat biji merica yang menghangatkan, melancarkan peredaran darah, dan berfungsi sebagai anti bakteri membuatnya cocok untuk dijadikan bahan scrub. Merica berguna untuk menyingkirkan blackheads atau komedo berwarna kehitaman yang membandel di permukaan kulit hidung dan dagu.

Campurkan satu sendok makan merica yang sudah digiling dengan satu sendok teh yogurt lalu oleskan pada permukaan kulit yang berkomedo. Cuci bersih wajah setelah tujuh menit. Sebaiknya gunakan merica yang digiling sendiri daripada merica bubuk yang dijual di pasaran, karena merica seperti itu biasanya sudah dicampur dengan tepung dan bahan lain.

6. Lengkuas

bumbu dapur untuk kecantikan
Ilustrasi lengkuas. (Pixabay/Suanpa)

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang kaya dalam lengkuas ternyata bisa mengencangkan kulit wajah serta mencegahnya dari penuaan dini jika kamu gunakan dengan teratur.

Cukup haluskan lengkuas yang sudah dicuci dan bubuhkan di wajah seperti biasa, lakukan sekali seminggu. Eits, kalau kamu nggak tahan baunya, kamu bisa menambahkan madu, kok. Selamat awet muda!

7. Cengkeh

bumbu dapur untuk kecantikan
Ilustrasi cengkeh. (Pixabay/abuyotam)

Cengkeh merupakan salah satu bumbu dapur yang juga bermanfaat untuk kecantikan, lho. Hal ini karena cengkeh mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dan bersifat antimikroba. Tidak tanggung-tanggung, antioksidan yang terkandung dalam cengkeh terbilang paling tinggi dibanding rempah-rempah lainnya. 

Jika digunakan pada kulit wajah, cengkeh dapat bermanfaat sebagai cleanser yang efektif untuk membersihkan kulit dari sisa riasan, kotoran, dan bakteri. Selain itu, aroma yang menenangkan pada cengkeh juga dapat berfungsi sebagai aromaterapi yang bikin relaks.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Astrid
Astrid Dwijayanti
Astrid

Astrid

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU