The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

TAIB Laporkan Ridwan Kamil Ke Bawaslu, Ada Apa?
(photo/ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

TAIB Laporkan Ridwan Kamil Ke Bawaslu, Ada Apa?

Selasa, 12 Februari 2019 15:03 WIB

Tim Advokat Indonesia Bergerak melaporkan Gubernur Jabar ini ke Bawaslu. Laporan ini dipicu adanya dugaan kampanye di luar jadwal. Saat itu Ridwan Kamil hadir dalam acara Harlah NU dan Harlah Muslimat NU.

"Acara tersebut dilangsungkan bersamaan dengan deklarasi dukungan pasangan Jokowi-Ma'aruf Amin dari relawan Jokowi Garut Jogar," ujar Koordinator TAIB, Muhajir, di kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa, 12 Februari 2019, melansir Tempo.

Muhajir menduga, gubernur yang akrab disapa dengan Kang Emil ini telah berkampanye di luar jadwal dalam metode rapat umum.

Dalam acara yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kerkop, Garut itu, RK menyampaikan orasi politik untuk memenangkan paslon 01 Jokowi-Ma'ruf.

"Menurut ketentuan hukum yang berlaku tidak dapat dibenarkan dan patut diduga merupakan pelanggaran kampanye," kata Mujahir.

Laporan itu dibuktikan Muhajir dengan sejumlah alat bukti yang sudah dia siapkan sebelumnya. Seperti screenshoot dari berita media daring, serta video acara.

Video itu memperlihatkan orasi politik RK yang memenangkan Jokowi. Adapun isi orasi itu adalah seperti berikut:

"Oleh karena itu kalau saya teriak Garut, teriak juara. Saya teriak Jabar, teriak juara. Saya teriak 01, teriak juara".

Menurut Muhajir dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan Ridwan Kamil sama dengan pelanggaran yang dilakukan oleh Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 Slamet Ma'arif.

Dalam laporan ini Ridwan Kamil disangkakkan melakukan kampanye dilaur jadwal yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Pasal 276 UU itu menyebutkan, kampanye pemilu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 275 Ayat 1 Huruf g, yakni rapat umum dilaksanakan selama 21 hari dan berakhir sampai dengan dimulainya Masa Tenang.

Ridwan Kamil terancam hukuman penjara paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp 12 juta.

Indozone Media

Indozone Media

Editor