Bertengkar Karena Spoiler Avengers: Endgame, Berikut Tips Memperbaikinya

- Jumat, 26 April 2019 | 19:41 WIB
(photo/Ilustrasi/Ist)
(photo/Ilustrasi/Ist)

Film Avengers: Endgame saat ini sedang hype di seluruh dunia. Spoiler dari teman yang lebih dulu nonton tentu tak terhindarkan. Jika sempat ribut soal itu, maka lakukan tips berikut untuk berdamai kembali.

Menurut psikolog dari Universitas Indonesia, Bona Sardo, memperbaiki hubungan dengan teman pasca bertengkar, tergantung dari nilai pertemanan itu sendiri.

Apabila ingin berteman dalam jangka panjang, maka kedua individu itu akan baik atau berdamai dengan sendirinya.

"Tapi kalau memang ternyata tidak ada niat baik dari kedua belah pihak dan memang dirasa hubungan pertemanan malah merugikan, pasti tidak akan berlanjut," katanya, melansir Detikcom.

Sementara itu, psikolog klinis dari Personal Growth, Kantiana Taslim, memberikan sejumlah tips untuk memperbaiki hubungan dengan teman karena spoiler film.

1. Jangan bertindak berlebihan

Jangan langsung membagikan inti cerita dari film itu ke media sosial. Sebelum bertindak harus berpikir konsekuensinya, apakah teman-teman di media sosial atau di lingkungan rumah/pekerjaan sudah menonton atau belum.

2. Hargai keinginan dan pendapat teman

Apabila teman ingin menonton langsung tanpa harus dispoiler, maka kita harus menghargainya. Jangan memaksa kehendak untuk membahas cerita film yang teman kita belum tonton.

3. Minta Maaf

Apabila sudah spoiler, maka ungkapkan permintaan maaf dengan tulus kepada teman. Bayangkan ke diri sendiri apabila kita terkena spoiler dari orang lain.

4. Berikan teman kita waktu

Jika berselisih dengan teman, berikan kepadanya waktu untuk menenangkan diri. Carilah waktu yang tepat apabila teman sudah tenang, kemudian bicarakan masalah kalian.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X