The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pelaku Penembakan di Selandia Baru Hadapi 50 Dakwaan Pembunuhan
(photo/EPA)

Pelaku Penembakan di Selandia Baru Hadapi 50 Dakwaan Pembunuhan

Kamis, 04 April 2019 16:04 WIB

Pelaku penembakan di Masjid Christchurch Selandia Baru akan menghadapi 50 dakwaan pembunuhan dan 39 dakwaan upaya pembunuhan. Sebanyak 50 orang tewas dan puluhan terluka akibat aksi terorisme itu.

Perdana Menteri Jacinda Ardern menggambarkan pembantain di Masjid Christchurch itu sebagai serangan teroris. Sejumlah pakar hukum juga berpendapat aksi itu berujung pada UU terorisme di Selandia Baru.

Pelaku bernama Brenton Tarrant itu dijadwalkan akan hadir di persidangan Pengadilan Tinggi Christchurch pada Jum'at besok pukul 10.00 waktu setempat.

Seorang hakim di Pengadilan Tinggi mengatakan kehadiran Brenton di persidangan hanyalah prosedur saja atau formalitas. Pelaku bahkan tak akan diminta mengajukan pembelaan terhadap dakwaan yang diberikan padanya.

"Tujuan utama dari pemanggilan pada 5 April tersebut untuk memastikan posisi terdakwa mengenai perwakilan hukum dan untuk menerima informasi dari entitas Crown terkait langkah-langkah prosedural tertentu dan saat dipertimbangkan langkah-langkah itu akan diselesaikan," kata Hakim Cameron Mander.

 

Indozone Media

Indozone Media

Editor