The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

PSSI akan buka kembali Kompetisi Liga I. (Instagram/@pssi)
Soccer

Liga Sepakbola Dilanjutkan di Tengah Pandemi, PSSI Jelaskan Alasannya

Mulai Oktober 2020.

Kamis, 17 September 2020 12:32 WIB 17 September 2020, 12:32 WIB

INDOZONE.ID - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dikabarkan akan membuka kembali kompetisi Liga 1 dan Liga 2 meskipun situasi pandemi belum berakhir. Tentunya dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Melalui konferensi pers virtualnya, Kamis (17/9/2020), Ketua Umum PSSI Muhamad Iriawan menjelaskan perihal penanganan MoU untuk memulai liga 1 tersebut. Salah satu alasannya mengikuti apa yang sudah dilakukan beberapa negara lainnya yang telah membuka kompetisi olahraganya masing-masing.

"Hampir semua negara sudah melakukan kompetensi liga-liga yang ada. Tanggal 12 kemarin ini, Malaysia, Thailand, Laos, Myanmar, Vietnam (sudah membuka liga), termasuk Filipina. Dan hampir semua liga-liga di seluruh dunia, baik itu Inggris, Bundesliga, Spanyol, sudah melakukan hal yang sama," tutur Iriawan.

Selain itu, pihak PSSI juga menganggap Indonesia perlu mempersiapkan diri dalam kompetisi liga di negaranya lantaran akan menjadi tuan rumah kompetisi sepakbola Under 21 di tahun depan.

Ketua Umum PSSI Komisaris Jenderal Polisi (purnawirawan) Dr. Drs. H. Muhamad Iriawan, S.H., M.M., MH. (Youtube/BNPB).

"Kami akan menghadapi nanti, menjadi tuang rumah under 20 2, yaitu bulan Mei sampai Juni 2021. Sehingga ini yang menjadi pertimbangan kami untuk melakukan pemutaran kembali liga-liga tersebut," tambahnya.

Iriawan juga menyebutkan bila kompetisi ini nantinya akan mengikuti arahan presiden yang saat ini sedang menggalakkan aturan protokol kesehatan. Sehingga akan ada penyesuaian pada prakteknya.

"Sesuai dengan arahan Presiden saat kami dipanggil rapat, bahwa kita harus menyesuaikan dengan situasi Covid ini. Tentunya dengan arahan Pak Doni (Ketua BNPB) yang menerapkan protokol kesehatan itu nomor satu," tambahnya.

Rencananya, kompetisi Liga I akan dimulai 1 Oktober mendatang di Jogjakarta yang mempertemukan PSS Sleman dan Persebaya Surabaya. 

Artikel Menarik Lainnya: