Belajar dari Insiden Palmerah, Ini Tips Meredam Panik Saat Naik Mobil

- Jumat, 28 Februari 2020 | 13:01 WIB
ilustrasi wanita mengendarai mobil (pexels/Andrea Piacquadio)
ilustrasi wanita mengendarai mobil (pexels/Andrea Piacquadio)

Rasa was-was, grogi atau gugup hingga panik adalah hal wajar yang dialami oleh setiap pengendara bermotor saat melintas di jalan. Apalagi bagi mereka yang masih dalam tahap belajar alias pemula.

Pengemudi pemula kerap bingung membedakan mana pedal gas dan rem. Mereka sering kali salah menginjak dua bagian motor ini, hingga bisa menimbulkan kecelakaan.

Seperti halnya insiden kecelakaan yang terjadi di Gang Madat Jalan Palmerah Utara IV, RT 13 RW 06, Palmerah, Jakarta Barat pada Sabtu siang (22/2/2020).

-
Potret insiden kecelakaan yang menewaskan ibu hamil di Palmerah (screenshoot/Twitter/@black__valley1)

Kecelakaan yang menyebabkan seorang ibu hamil dan janinnya meninggal ini terjadi karena kepanikan pengemudi mobil bernama Firda Meisari yang salah menginjak pedal.

"Kagetnya ini bukan ngerem, tapi malah injak gas, sehingga kedoronglah ibu hamil dan akhirnya kebentur ke tiang listrik," ujar Kasat Lantas Wilayah Jakarta Barat Komisaris Polisi Hari Admoko, Kamis (27/2/2020).

Korban bernama Erlinda ditabrak oleh Firda, tepat saat hendak menghampiri sang suami yang menjemputnya di seberang kantor.

Suami Erlinda yang saat itu sedang berada duduk di atas motor sempat  tertabrak juga dan terseret beberapa meter sebelum terhenti tepat di depan tiang listrik.

Atas kasus ini, Firda ditetapkan sebagai tersangka dan dikenai Pasal 310 ayat 3 dan 4 UU No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dengan ancaman enam tahun penjara.

Belajar dari insiden kecelakaan tersebut, ada baiknya jika kita mengetahui tips menghilangkan panik saat mengendarai mobil untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

1. Pahami fungsi pedal yang ada dalam mobil

-
ilustrasi posisi pedal gas, rem dan kopling dalam mobil (pixabay/Uwe Hoh)

Hal pertama yang kamu harus lakukan saat sebelum mengendarai mobil ialah memahami fungsi dan letak pedal.

Pedal yang ada di sisi kanan ialah pedas gas, sedangkan pedal di bagian tengah adalah rem dan yang terakhir pedal d sebelah kiri adalah kopling.

Memahami letak dan fungsi pedal dalam mobil, menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

2. Atur posisi duduk senyaman mungkin

-
ilustrasi pria mengemudi mobil (pexels/Hassan OUAJBIR)

Setelah mengetahui letak dan fungsi pedal dalam mobil, langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah mengatur posisi duduk dalam keadaan nyaman.

Pastikan kedua kaki bisa menjangkau pedal-pedal yang ada di bagian bawah mobil. Pastikan, tinggi posisi tempat duduk tidak menghalangi pandangan.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X