BMW : Awalnya Kami Tidak Memproduksi Motor atau Mobil, Tetapi Pesawat

- Sabtu, 22 Februari 2020 | 13:00 WIB
Tampilan logo BMW. (Instagram/@bmw)
Tampilan logo BMW. (Instagram/@bmw)

BMW atau dikenal dengan Bayerische Motoren Werke adalah salah satu pabrikan asal Jerman yang sudah dikenal oleh banyak orang akan produksi motor dan mobil mewahnya. Bahkan, BMW sendiri dapat dikatakan sebagai raja otomotif di seluruh dunia. 

Akan tetapi, BMW tidak memulai usahanya sebagai pabrikan kendaraan mobil ataupun motor. Lantas, apa yang diproduksi oleh BMW pada awalnya? Berikut ini sejarah pabrikan BMW yang #KAMUHARUSTAU.

Pada awalnya, BMW memulai usahanya dengan memproduksi pesawat terbang. Bahkan, nama dari Bayerische Motoren Werke sendiri diadopsi dari nama mesin pesawat Bayerische Flugzeug-Werke. Memang pada awalnya, BMW memiliki niat untuk memproduksi pesawat. Usaha ini pun dilakukannya pada tahun 1917 silam. 

Akan tetapi, hal tersebut tidak bertahan lama bagi pihak BMW. Hal ini terjadi dikarenakan pihak BMW sendiri terikat dengan Perjanjian Versailes yang berisi larangan pihak BMW untuk memproduksi pesawat terbang. Perjanjian tersebut dibuat pada akhir Perang Dunia I tahun 1918 silam. 

Sekadar informasi, Perjanjian Versailes adalah perjanjian damai yang berisi pernyataan untuk mengakhiri Perang Dunia I antara pihak Sekutu dengan Kekasairan Jerman. Melihat hal tersebut, BMW pun sempat vakum selama 2 tahun. 

Namun, pada tahun 1920, BMW mulai memproduksi motor. Selang 8 tahun kemudian, BMW pun mencoba untuk memulai memproduksi mobil hingga saat ini. 

Jadi gimana guys, menarik tidak ceritanya, jika ingin membahas sejarah pabrikan lainnya, tuliskan nama pabrikannya di komentar ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X