Tips Membersihkan Busi Motor secara Mandiri

- Selasa, 31 Maret 2020 | 17:48 WIB
Mengecek busi yang mulai dilapisi kerak hitam (Dok.NGK)
Mengecek busi yang mulai dilapisi kerak hitam (Dok.NGK)

Wabah virus corona (Covid-19) membuat banyak orang kini harus diam di rumah. Untuk mengusir rasa bosan, banyak hal yang bisa dilakukan. 

Apalagi buat yang doyan mengoprek kendaraannya. Ketimbang ke bengkel, lebih baik memperbaiki motor sendiri di rumah. 

Misalnya saja mulai dari hal kecil seperti memeriksa kondisi busi motor. Technical Support PT NGK Busi Indonesia Diko Oktaviano mengatakan, pengguna motor bisa mengecek kondisi busi motornya sendiri. Membersihkan komponen tersebut dapat menghasilkan pengapian yang maksimal.

"Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana, hanya membutuhkan kunci standar untuk membuka kompartemen, kunci busi sesuai dengan kendaraan masing-masing, serta tambahan kaca pembesar untuk melihat seberapa kerusakan busi kita," kata Diko di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Lanjutnya, biasanya saat pengecekan busi akan ditemukan gejala-gejala seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flash over. Bahkan keausan pun bisa kita lihat secara jelas.

Secara normal, pemakaian busi biasanya akan mengalami pengerakan karbon ataupun tingkat keausan tinggi. Kalau sudah seperti ini, penggantian busi menjadi alternatif pilihan yang terbaik dibandingkan membersihkannya.

Untuk proses membersihkan busi motor pun perlu diperhatikan beberapa hal. Kalau hanya membersihkan kerak kotoran yang menempel, cukup menggunakan penetran pembersih kampas rem saja. Kemudian dibersihkan menggunakan kain.

"Yang perlu diperhatikan, membersikan busi yang kotor tidak disarankan menggunakan amplas ataupun benda tajam seperti sikat kawat, karena akan merusak permukaan busi," jelasnya.

Jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator, tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru. Performa busi baru tentu membuat kendaraan makin nyaman dan aman.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X