The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Suplemen vitamin (HEALTHLINE)
Health

Penuhi Kebutuhan Vitamin Cuma dari Suplemen, Sehat Nggak Sih?

Ini faktanya

Minggu, 22 Maret 2020 08:46 WIB 22 Maret 2020, 08:46 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin. Jenisnya beragam mulai dari vitamin A,B,C,D,E dan K, masing-masing punya peran penting dan fungsi berbeda. 

Kebanyakan vitamin pada umumnya bisa didapat dengan konsumsi daging, ikan, susu, buah, sayur hingga suplemen. Namun jika kebutuhan vitamin hanya diperoleh dari asupan suplemen tanpa pedulikan makanan lainnya, sehat ngga sih? 

Dikutip dari laman Heart, (20/3/2020), suplemen mungkin bisa membantu, tapi kunci keberhasilan untuk miliki daya tahan dan tubuh sehat, yang harus diperhatikan adalah komposisi makanan yang seimbang. 

"Ahli gizi merekomendasikan makanan terlebih dahulu karena makanan menyediakan berbagai vitamin dan mineral yang tidak dapat ditemukan dalam suplemen tambahan," kata Penny Kris-Etherton, Ph.D., RD, dan Profesor Nutrisi di Pennsylvania State University di Fakultas Health and Human Development. 

Sebagai contoh, dia menunjukkan bahwa makanan menyediakan banyak senyawa bioaktif dan serat yang biasanya tidak ditemukan dalam suplemen. Dan beberapa suplemen tidak memungkinkan penyerapan penuh vitamin ke dalam tubuh. 

Ilustrasi vitamin (Boldsky)

"Jika dikonsumsi dengan perut kosong tanpa makanan, beberapa vitamin yang larut dalam lemak tidak akan diserap seperti halnya jika suplemen dikonsumsi dengan makanan yang terdapat lemak," tambah Kris-Etherton. 

Jadi, kunci untuk memenuhi vitamin dan mineral terbaik adalah dengan memastikan pilihan makanan sehat dan kaya nutrisi, sementara suplemen hanya sebagai pelengkap. 

"Jika memang kebutuhan gizi tidak terpenuhi dari makanan, suplemen bisa dijadikan pelengkap kebutuhan gizi harian," pungkasnya. 


Terkait Dengan Ini