Tim Mercedes : Penggunaan DAS di Mobil Balap W11 Bersifat Legal

- Senin, 24 Februari 2020 | 10:08 WIB
Mobil balap terbaru milik Mercedes. (Instagram/@mercedesamgf1)
Mobil balap terbaru milik Mercedes. (Instagram/@mercedesamgf1)

Pada uji coba pramusim hari kedua di F1 Barcelona, terdapat penampakan yang sangat aneh pada mobil balap W11 milik Mercedes. Kabarnya, mobil balap W11 tersebut memakai setir Dual Axis-Steering atau DAS di F1 Barcelona.

Bahkan, penggunaan setir DAS tersebut pun menarik perhatian dari pengunjung dan pabrikan tim. Kejadian ini pun berhasil direkam secara on-board mobil balap Lewis Hamilton dan diunggah oleh akun Twitter F1. 

Dalam video tersebut, Lewis Hamilton dikabarkan menggerakan setir dari W11 secara maju dan mundur ketika melakukan uji coba pramusim pada sesi pagi hari. 

Hal tersebut pun membuat kontroversi dari berbagai pihak tim atau pabrikan tim dalam ajang F1. Mendengar hal tersebut, James Allison selaku Direktur Teknik Mercedes mengatakan penggunaan fitur DAS adalah suatu hal yang legal. Bahkan, Allison sendiri menekankan pihak FIA mengenai kesadaran akan penggunaan fitur DAS tersebut. 

"Ini bukan berita bagi FIA, itu sesuatu yang sudah kami bicarakan dengan mereka selama beberapa waktu," ujar James Allison. 

"Aturannya cukup jelas tentang apa yang diizinkan pada sistem kemudi, dan kami cukup yakin bahwa itu sesuai dengan semua persyaratan ini," lanjutnya. 

Tidak hanya sampai di situ saja, Allison pun mengatakan penggunaan fitur DAS sendiri hanyalah merupakan salah satu dari sejumlah inovasi dari mobil balap terbaru milik Mercedes. 

"Setiap mobil baru yang kami bawa ke lintasan dihiasi dengan inovasi," tegasnya. 

"Hanya saja mereka tidak sejelas bagi Anda sebagai sistem mandiri seperti ini di mana Anda dapat melihatnya dengan mata kepala sendiri,” imbuhnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X