Bangun LTC, Pelumas Pertamina Siap Bersaing di Dunia

- Selasa, 10 Desember 2019 | 10:49 WIB
Groundbreaking pembangunan Lubricants Technology Center di Jakarta. (Pertamina)
Groundbreaking pembangunan Lubricants Technology Center di Jakarta. (Pertamina)

PT Pertamina Lubricants (Persero) mulai membangun Lubricants Technology Center (LTC) sebagai pusat penelitian dan peningkatan kualitas produknya agar tidak hanya digunakan di dalam negeri tapi juga mampu mengekspansi pasar pelumas luar. Groundbreakingnya berlangsung di Plumpang, Jakarta Utara, Senin (9/12).

Nantinya LTC menjadi Integrated Technology Solution, mulai Research and Development hingga pusat teknologi dalam after sales services serta customer education. Pembangunan LTC ini menunjukkan komitmen Pertamina untuk sebuah langkah maju mengembangkan produk pelumas dalam negeri.

Direktur Pemasaran Korporat PT Pertamina (Persero), Basuki Trikora Putra mengatakan teknologi memiliki peranan yang sangat penting untuk menghasilkan inovasi produk dan services yang sesuai dengan kebutuhan pasar terutama untuk menjawab tantangan di masa depan. Untuk itu pusat pengembangan seperti LTC dibutuhkan.

"LTC menjadi investasi strategis untuk Pertamina Group dalam mengintegrasikan manusia, data dan informasi sehingga mampu mendorong terobosan-terobosan serta solusi yang dapat berkontribusi terhadap kemajuan industri Pelumas serta kemajuan sumber daya manusia dan ekonomi secara keseluruhan.” kata Basuki, di Jakarta.

Fasilitas di LTC terdiri dari Pengembangan Produk (Bench & Engine Test) untuk mendukung riset terapan pemilihan teknologi additive dan mengembangkan formulasi produk pelumas yang paling suitable (Product Development), Oil Clinic Monitoring untuk After Sales Services dan Pusat Edukasi dan Pelatihan Pelanggan melalui ILMA (Integrated Lubrication Management Academy).

Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Ageng Giriyono menambahkan industri pelumas membutuhkan fasilitas riset dan lab untuk mendukung persaingan industri yang ketat. Dengan adanya LTC penelitian lab, pelatihan dan pengembangan pelumas yang lebih berkualitas.

"Kami berharap keberadaan LTC akan memperkuat eksistensi Pertamina Lubricants sebagai produsen pelumas yang terpercaya dan mendukung bisnis services yang semakin dibutuhkan di masa mendatang,” ujarnya

LTC akan dibangun di area seluas 12.500 m2 dan luas bangunan 12.000 m2, dengan tiga lantai yang di desain dengan konsep green dan environmentally-friendly dengan fasilitas yang terintegrasi dan berstandar internasional.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X