Victor Valdes: Aku Tak Mau Jadi Kiper Andai Dilahirkan Kembali

- Sabtu, 4 April 2020 | 21:02 WIB
Mantan kiper Barcelona, Victor Valdes. (REUTERS/Stefan Wermuth)
Mantan kiper Barcelona, Victor Valdes. (REUTERS/Stefan Wermuth)

Mantan kiper Barcelona, Victor Valdes dikenal sebagai kiper yang andal dan punya segudang prestasi di sepanjang kariernya. Namun ternyata Valdes tak ingin menjadi kiper andaikan terlahir kembali.

Dalam karier sepak bolanya, nama Victor Valdes melambung ketika berseragam Barcelona. Di periode itu pula dia memenangi sejumlah ajang termasuk enam trofi LaLiga dan tiga trofi Liga Champions.

Karena prestasinya itu, Valdes dipercaya menjadi kiper timnas Spanyol. Kiper berusia 38 tahun itu masuk ke dalam skuat timnas Spanyol yang menjuarai Piala Dunia 2010 dan kemudian Piala Eropa 2012.

Karier Valdes mulai meredup ketika dihantam cedera ligamen. Dia kemudian pensiun dan menjadi pelatih di Camp Nou, namun hanya berjalan selama tiga bulan.

Bicara soal kariernya, kini Valdes mengaku tak ingin menjadi kiper jika dilahirkan kembali. Di sisi lain, kutipan pernyataannya berikut ini juga mengindikasikan kerendahan hati Valdes.

"Jika aku terlahir kembali, aku takkan jadi kiper," kata Valdes seperti dilansir Marca.

"Itu bukanlah jalan yang mudah dan tidak memberiku ganjaran yang cukup atas penderitaan bertahun-tahun. Ada hari-hari di mana aku enggan berada di sana. Aku bermain karena mereka meyakinkanku semasa masih muda dan aku menerima jalan tersebut."

"Aku tak suka ketenaran. Aku tidak nyaman ketika mereka memberiku sanjungan yang teramat tinggi, apalagi karena itu bukanlah semata kontribusi diriku; sepakbola adalah sebuah permainan tim," tuturnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X