The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Logo perusahaan otomotif asal India, Bajaj.(REUTERS/File Photo)
Otomotif

Bajaj Kembali Buat Motor Listrik, Ini Gambar Patennya

Desain model mirip Vespa.

Rabu, 03 Juni 2020 16:19 WIB 03 Juni 2020, 16:19 WIB

INDOZONE.ID - Produsen mobil asal India, Bajaj terus berinovasi dengan menghadirkan motor-motor dengan desain menarik. Mereka bahkan telah mematenkan desain model skuter yang mirip dengan Vespa dan mendaftarkannya ke lembaga kekayaan intelektual Eropa atau European Union Intellectual Property Office (EUIPO).

Pendaftaran ke lembaga ini mengindikasikan bahwa motor skuter yang akan mereka produksi akan dijual ke berbagai negara termasuk Eropa. Bajaj tertarik dengan pasar Eropa, karena permintaan terhadap motor skuter retro klasik terus meningkat.

Pendaftaran gambar paten ini juga sebagai langkah antisipasi mereka, setelah Piaggio menuntut perusahaan asal Tiongkok yang melakukan plagiarisme atas produk Vespa Primavera, yang berakhir di lembaga tersebut.

Gambar paten motor listrik Bajaj. (Dok. Bajaj)

Desain motor skuter Bajaj, yang baru dipatenkan ini merupakan pengembangan Bajaj Chetak Electric yang baru diluncurkan Januari 2020 lalu. Motor ini akan mendapat menjadi skuter listrik yang ditenagai baterai lithium-ion IP67 3kWh, dengan output tenaga 6.44 hp dan torsi 16 Nm, dilansir Rushlane, Rabu (3/6/2020)

Dengan pengembangan mesin listrik, motor skuter listrik Chetak ini diklaim mampu menempuh jarak sekitar 95 Km. Sementara untuk pengisian baterai akan membutuhkan waktu lima jam. Kabarnya motor ini akan mendapat nama baru karena ada dibawa merek Ola Cabs yang memiliki kerjasama dengan Bajaj.

Motor ini akan menjadi penantang motor listrik India lainnya yakni iQube hasil pengembangan TVS Motor Company, India. Motor listrik anyar yang masih dalam bentuk gambar paten ini rencananya akan melantai di pasar pada tahun 2021 mendatang.


Artikel Menarik Lainnya: