Alfa Romeo 6C Milik Benito Mussolini akan Dihidupkan Kembali

- Rabu, 26 Februari 2020 | 13:00 WIB
Mobil balap lawas Alfa Romeo 6C 1750 milik Benito Mussolini. (autoblog.com)
Mobil balap lawas Alfa Romeo 6C 1750 milik Benito Mussolini. (autoblog.com)

Kabarnya, salah satu koleksi mobil milik diktator asal Italia, Benito Mussolini akan dihidupkan kembali. Mobil tersebut adalah Alfa Romeo 6C 1750 keluaran 1930. Mobil ini dibeli oleh Mussolini pada 13 Januari 1930 silam. 

Bahkan, foto dari Mussolini di balik kemudi juga masih tersimpan sampai sekarang. Pada saat itu, Benito Mussolini mengeluarkan dana sebesar 60.000 Lira untuk membeli mobil tersebut. Bahkan, mobil tersebut sempat digunakan dirinya untuk mengikuti balapan di Italia pada awal 1930-an sebelum menjadi tokoh fasisme. 

Selang beberapa saat, mobil tersebut sudah berpindah tangan dan hingga akhinya menjadi milik Renato Tigilio pada tahun 1937. Pada saat itu, Tigilo membawa mobil balap tersebut ke Eritrea yang berada di perbatasan Somalia dan Ethiopia. 

Meski demikian, Alfa Romeo 6C 1750 ini sudah berada di tangan salah satu bengkel restorasi di Inggris yaitu Thornley Kelham. Mobil tersebut hadir dalam keadaan ringsek seperti karatan, beberapa komponen sudah dicopot, seperti fender,lampu, dan kaca. 

Hal ini langsung diungkapkan oleh bos pendiri Thornley Kelham yaitu Simon Thornley. Bahkan, Simon mengatakan pihaknya tengah menghadapi tantangan besar untuk membuat mobil tersebut menjadi semula seperti yang dibeli oleh Benito Mussolini pada awalnya.

Bahkan, Simon mengatakan dirinya dan pihak bengkel akan berusaha untuk menghidupkan kembali mobil bersejarah tersebut. 

"Sejarah otomotif seperti ini harus diawetkan," ujar Simon Thornley.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X