Jangan Panik! Ini Tips agar Barang yang Tertinggal di Stasiun atau Kereta Api Balik Lagi

- Jumat, 10 Februari 2023 | 13:35 WIB
Suasana di Stasiun Gambir (INDOZONE/Putri Surya)
Suasana di Stasiun Gambir (INDOZONE/Putri Surya)

Minat masyarakat untuk menggunakan kereta api semakin tinggi. Seiring peningkatan tersebut, jumlah data barang yang tertinggal di kereta api juga naik.

Tercatat, ada sebanyak 4.984 barang tertinggal yang diamankan petugas dan dimasukan pada data sistem Lost and Found selama periode Januari - Desember 2022.

"Dari jumlah tersebut, di antaranya 4.546 sudah kembali ke pemilik. Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti laptop, perhiasan, telepon seluler, tas, dompet hingga paspor WNA," ungkap Vice President Public Relations KAI Joni Martinus dalam keteranganya, Jumat (10/2/2023).

Baca juga: Viral Orang Main Kuis di Kereta Api Bikin Penumpang Lain Kesal, Serasa Gerbong Sendiri

Dia menambahkan, para pelanggan yang merasa kehilangan barang di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun dapat melapor kepada Petugas Kondektur yang berdinas atau petugas pengamanan di stasiun. Cara lainnya, dapat menghubungi contact center KAI 121.

"Petugas pengamanan stasiun selalu melakukan pemeriksaan secara berkala di area-area ruang tunggu dan di atas KA, terlebih pada saat kereta api tiba di stasiun tujuan akhir, petugas akan melakukan pengecekan di setiap rangkaian untuk memastikan tidak ada barang bawaan penumpang yang tertinggal," jelasnya.

Jika barang yang tertinggal belum ditemukan, maka akan dilakukan konfirmasi lewat telepon kepada pelapor, terkait dengan perkembangan penanganan barang tertinggal.

Selain itu, KAI juga akan langsung memberikan pengumuman atas penemuan barang melalui pengeras suara.

-
Suasana di dalam Kereta Api Argo Dwipangga. (INDOZONE/Putri Surya)

Baca juga: Indonesia Punya Kereta Api Panoramic, Menhub: Tidak Usah Jauh-jauh ke Swiss

Jika tidak ada pihak yang mengambil, barang akan disimpan di Pos Pengamanan stasiun dan akan dimasukkan dalam pendataan sistem Lost and Found milik KAI.

"Seluruh barang bawaan merupakan tanggung jawab pelanggan, namun untuk memberikan layanan maksimal petugas keamanan akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas kereta api atau stasiun," ucap Joni.

Lalu, apa yang harus dilakukan saat kehilangan barang di kereta api?

  1. Tetap tenang dan jangan panik, cobalah untuk mengingat lokasi terakhir kali barangnya terlihat.
  2. Buat laporan kepada petugas Customer Service On Station, petugas keamanan atau kunjungi bagian Lost and Found.
  3. Pelanggan juga bisa menghubungi Contact Center 121 melalui telepon 121, WA (0811-1211-1121) atau Direct Message (DM) Twitter/Facebook KAI121.
  4. Sampaikan ciri-ciri barang yang hilang, kode booking tiket, jika barangnya tertinggal di atas kereta api.
  5. Apabila laporan dilakukan melalui Contact Center 121, maka pelanggan kereta api akan mendapatkan informasi status barang tertinggal melalui telepon, email, atau Direct Message (DM) Twitter/Facebook KAI121.
  6. Hindari memberikan informasi kode booking atau detail barang kepada pihak yang tidak berkepentingan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

5 Rekomendasi Penginapan di Sumba Timur, NTT

Selasa, 23 April 2024 | 20:50 WIB

7 Tips Memilih Hotel untuk Liburan Bersama Keluarga

Minggu, 14 April 2024 | 13:10 WIB
X