Daftar Rumus Dasar Microsoft Excel Paling Populer untuk Para Pemula

- Selasa, 7 Juli 2020 | 09:40 WIB
Microsoft Excel (seventhgrace.com)
Microsoft Excel (seventhgrace.com)

Saat mengoperasikan Microsoft Excel, ada beberapa rumus Excel yang perlu kamu ketahui. Dengan rumus Excel tersebut, segala bentuk penghitungan dapat diselesaikan mudah.

Masing-masing rumus Microsoft Excel punya fungsi berbeda dan dapat disesuaikan dengan bidang tugas atau pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Dengan banyaknya rumus Excel populer yang sering digunakan, Microsoft Excel menjadi aplikasi atau software pengolah data (spreadsheet) untuk para pekerja profesional maupun pemula.

Daftar Rumus Dasar Microsoft Excel Paling Populer

-
Microsoft Excel (seventhgrace.com)

Rumus-rumus Excel berikut ini akan sangat berguna jika kamu kuasai. Dari sekian banyak rumus hitungan Excel, beberapa rumus Microsoft Excel ini paling sering digunakan untuk dunia kerja.

Dirangkum Indozone, inilah daftar kumpulan rumus Excel lengkap beserta fungsinya masing-masing yang perlu diketahui:

1. SUM

Fungsi: menjumlahkan data-data di cell, data dalam satu range, maupun data dalam beberapa range.
Rumus: =SUM (sel awal:sel akhir).
Contoh: SUM (D2:E2).

2. IF

Fungsi: mengembalikan atau menampilan suatu nilai jika sebuah kondisi atau pernyataan bernilai BENAR, dan menampilkan nilai lain jika kondisi/pernyataan bernilai SALAH.
Rumus: =IF(paramater yang diharapkan, perintah untuk kondisi BENAR, perintah untuk kondisi SALAH).
Contoh: IF(G2<75;"TIDAK LULUS";"LULUS")

3. AVERAGE

Fungsi: mencari nilai rata-rata suatu variabel.
Rumus: =AVERAGE(sel awal:sel akhir).
Contoh: AVERAGE(D2:F2).

4. MAX

Fungsi: mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data.
Rumus: =MAX(sel awal:sel akhir).
Contoh: MAX(D2:F2).

5. VLOOKUP

Fungsi: mencari suatu nilai data pada sebuah range atau tabel. Setelah nilai tersebut ditemukan, akan menampilkan nilai di kolom lain dari tabel tersebut berdasarkan urutan kolom (index kolom) yang ingin dihitung.
Rumus: =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])

6. MATCH

Fungsi: menampilkan posisi dalam suatu alamat sel yang telah ditetapkan, pada sebuah kelompok data. Rumus ini dilakukan untuk memudahkan mencari data tertentu dari deretan data yang ada.
Rumus: =MATCH(lookup_value,lookup_array,[match_type])

7. COUNTIF

Fungsi: menghitung total jumlah cell yang ada dalam sebuah range dengan menggunakan kriteria tertentu.
Rumus: =COUNTIF(range;kriteria).

-
Tampilan Microsoft Excel (YouTube/Andy Dolinski)

8. COUNTA

Fungsi: menghitung jumlah cell yang terisi.
Rumus: =COUNTA(drag kolom yang ingin dihitung).

9. AND

Fungsi: menghasilkan nilai TRUE jika semua argumen yang diuji bernilai BENAR, serta menghasilkan nilai FALSE jika semua atau salah satu argumen bernilai SALAH.
Rumus: AND(sel awal>sel akhir).
Contoh: =AND(D2>G2).

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X