Debby Susanto Ungkap Fakta Selama Jadi Atlet Pelatnas: Tak Ada Gaji dan Pesangon

- Kamis, 23 Juni 2022 | 15:15 WIB
Eks pebulutangkis putri Indonesia Debby Susanto. (Instagram/@debbysusanto)
Eks pebulutangkis putri Indonesia Debby Susanto. (Instagram/@debbysusanto)

Mantan pebulutangkis ganda campuran Debby Susanto kembali bercerita mengenai pengalamannya selama menjadi atlet Pelatnas PBSI. Debby ungkap sebuah fakta yang sedikit mengejutkan selama jadi atlet Pelatnas.

Debby mengatakan bahwa selama berstatus sebagai atlet Pelatnas tidak ada yang namanya gaji serta pesangon. Hal tersebut diutarakan oleh Debby saat melakukan sesi tanya jawab yang dilakukannya pada akun Instagramnya.

"Enggak. Enggak ada sama sekali yang namanya pesangon, mau berapa tahun pun, berapa lama pun kita sudah ada di PBSI," jelas Debby, seperti disadur Indozone dari kanal Youtube Debby, Kamis (23/6/2022).

"Jadi, apa yang kita dapat itu berdasarkan hasil prestasi kita. Misal prestasinya oke, otomatis kan sponsor juga mengikuti, terus fresh money juga mengikuti," sambungnya.

Baca Juga: Kevin-Jojo Tak Saling Follow di Instagram, Debby Susanto Beri Penjelasan

Debby juga menjelaskan sistem yang dianut Pelatnas sangatlah beda dengan pekerja kantoran, sehingga uang yang didapatkannya murni hasil dari prestasi-prestasi sang atlet selama tampil di sejumlah turnamen.

"Misalnya dari PBSI kayak kantoran gitu, enggak seperti itu sih sistemnya. Karena kan kita atlet gitu, jadi sistemnya itu, apa yang kita dapatkan itu ya dari prestasi (dalam sejumlah turnamen)," ungkap Debby.

Selain itu, Debby juga menjelaskan bahwa kehidupan atlet pelatnas sejatinya tidaklah mewah. Debby justru mengungkapkan jika para atlet pelatnas harus pintar berhemat agar bisa jadi tabungan di masa pensiun nanti.

"Jadi harus pinter-pinter, kita sebagai atlet itu sendiri, di saat kita masih bisa menghasilkan, di saat kita masih berprestasi, di mana kita bisa saving sebanyak mungkin untuk masa depan kita nanti," pungkas perempuan berusia 33 tahun tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X