Kelelahan, Marcus Gideon Diistirahatkan pada Final Piala Thomas Hadapi China

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 17:34 WIB
Arsip - Pebulu tangkis ganda putra nasional Marcus Fernaldi Gideon. Marcus tidak diturunkan pada partai final Piala Thomas melawan China, Minggu (17/10/2021).  (photo/ANTARA/HO-Dokumentasi PP PBSI)
Arsip - Pebulu tangkis ganda putra nasional Marcus Fernaldi Gideon. Marcus tidak diturunkan pada partai final Piala Thomas melawan China, Minggu (17/10/2021). (photo/ANTARA/HO-Dokumentasi PP PBSI)

Pelatih kepala ganda putra PP PBSI Herry Iman Pierngadi memutuskan untuk tidak menurunkan Marcus Fernaldi Gideon dalam laga final Piala Thomas yang akan berlangsung Minggu, pukul 18.00 WIB.

Menurutnya, kondisi Marcus saat ini kelelahan dan tidak bugar untuk dimainkan di partai puncak. Usai laga semifinal melawan Denmark, Sabtu (16/10) kondisi Marcus sudah terlihat sangat lelah.

Selain itu, kecepatan kakinya pun dinilai kurang mendukung untuk laga final nanti. Tak heran, saat melawan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmus, Marcus lebih banyak bermain di depan.

"Kondisi Marcus sudah capek berat. Waktu 24 jam istirahat tidak cukup untuk recovery. Tenaganya sudah habis. Ibarat mobil, tangki bahan bakarnya mungkin cuma isi setengah. Tidak cukup untuk main final yang menuntut kesiapan stamina yang penuh. Selain itu, kakinya juga sudah kurang cepat," kata Herry, Minggu (17/10) dikutip dari ANTARA.

Sebagai gantinya, Kevin Sanjaya Sukamuljo akan dipasangkan dengan Daniel Marthin, yang sebelumnya sempat berpasangan dengan Mohammad Ahsan saat melawan Taiwan di babak penyisihan grup.

Baca juga: Kalah Saat Hadapi Viktor Axelsen, Ginting Saya Harus Lebih Sabar Lagi Dalam Menyerang

Di partai final nanti, Kevin/Daniel akan tampil sebagai ganda putra kedua. Sementara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menjadi ganda pertama.

"Saat mencari pasangan Kevin, saya lihat, baik Hendra Setiawan maupun Ahsan tidak siap untuk dipasangkan dengan pemain lain, belum maksimal. Lalu, saya minta Kevin untuk memilih pasangannya sendiri, dan dia memilih Daniel," jelas Herry.

Di mata sang pelatih, Kevin dan Daniel sangat cocok dari segi permainan. Kevin bertindak sebagai playmaker, sedangkan Daniel bisa menjaga dan memukul shuttlecock dari belakang.

Berikut susunan pemain Indonesia vs China pada babak final Piala Thomas, Minggu, pukul 18.00 WIB:

Tunggal putra 1
Anthony Sinisuka Ginting vs Lu Guang Zu

Ganda putra 1
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs He Ji Ting/Zhou Hao Dong

Tunggal putra 2
Jonatan Christie vs Li Shi Feng

Ganda putra 2
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Daniel Marthin vs Liu Cheng/Wang Yi Lyu

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X