Atlet AS Diminta Gunakan Ponsel Sekali Pakai selama Olimpiade Beijing 2022

- Minggu, 23 Januari 2022 | 15:11 WIB
Ilustrasi Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. (REUTERS/Tyrone Siu)
Ilustrasi Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. (REUTERS/Tyrone Siu)

Komite Olimpiade dan Paralimpiade Amerika Serikat meminta atlet mereka untuk menggunakan ponsel sekali pakai selama Olimpiade Musim Dingin di Beijing, China, yang akan berlangsung Februari mendatang.

Dilansir The Verge, Minggu (23/1/2022), hal tersebut dilakukan untuk menghindari pemantauan digital selama di China. Komite meminta atlet tidak menggunakan ponsel pribadi mereka lantaran khawatir disusupi malware (perangkat lunak berbahaya seperti virus). 

"Setiap perangkat, komunikasi, transaksi dan aktivitas dalam jaringan mungkin dipantau," bunyi imbauan dari Komite.

Wall Street Journal melaporkan Britania Raya, Kanada dan Belanda juga melarang atlet mereka menggunakan perangkat pribadi seperti ponsel dan laptop selama gelaran Olimpiade bulan depan.

Baca Juga: Masih Bungkam soal F1, Hamilton Disebut sedang Pikirkan Berkarir di Hollywood

Ponsel sekali pakai atau burner phone biasanya dijual dengan harga murah oleh karena itu pulsa dan data internet yang dipasang juga terbatas. Ponsel ini disebut sekali pakai karena biasanya akan dibuang setelah selesai digunakan agar nomor tidak terlacak.

Departemen Keamanan Dalam Negeri AS juga pernah mengeluarkan aturan ini kepada wisatawan yang ingin berkunjung ke Olimpiade Musim Panas Beijing 2008. Namun, kini China melarang pengunjung dari luar negeri masuk karena pandemi Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X