Anthony Sinisuka Ginting Masuk ke Semifinal Olimpiade, Penantian 17 Tahun Usai Sudah

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 12:49 WIB
Ekspresi Anthony Ginting usai masuk semifinal (REUTERS/Leonhard Foeger)
Ekspresi Anthony Ginting usai masuk semifinal (REUTERS/Leonhard Foeger)

Atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, melangkah ke babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020.

Dia berhasil mengalahkan unggulan ketiga wakil Denmark, Anders Antonsen, Sabtu (31/7/2021). Pada laga perempatfinal yang dihelat di Musashino Forest Sport Plaza, Ginting menang tiga gim dengan skor 21-17, 15-21, dan 21-18.

Pertandingan ini memang berlangsung menegangkan dan membuat penonton harus menahan napas. Duel sengit terjadi dan rally panjang juga sempat terjadi antara Ginting dan Antonsen.

Apalagi Ginting yang menang di gim pertama, kalah di gim kedua dan pertandingan berlanjut ke gim ketiga. Untunglah, pada akhirnya Ginting berhasil mengunci kemenangan di gim ketiga dengan skor 21-18.

Kemenangan ini juga memperpanjang rekor tak terkalahkan Ginting melawan  Antonsen menjadi 4-0. Rekor lain yang diukirnya adalah, setelah 17 tahun akhirnya ada pemain tunggal putra Indonesia yang masuk semifinal Olimpiade.

Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro adalah atlet tunggal putra Indonesia terakhir yang berhasil masuk semifinal Olimpiade.

Momen itu terjadi pada Olimpiade Athena 2004. Kala itu, Taufik Hidayat mendapatkan medali emas dan Sony mendapatkan medali perunggu.

Ginting menjadi tunggal putra ke-8 Indonesia yang berhasil masuk semifinal Olimpiade. Di babak semifinal, Ginting akan menantang pemenang dari laga Chen Long (China) vs Chou Tien-chen (Taiwan).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X